Kehamilan yang sehat butuh persiapan

id kehamilan,hamil,olahraga,ibu,ibu hamil,suami istri,gizi

Kehamilan yang sehat butuh persiapan

Pemeriksaan Ibu hamil. (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kehamilan hendaklah direncanakan dengan baik agar pasangan suami istri mengetahui bagaimana memperbesar peluang dan mendapatkan kehamilan yang sehat.

"Kehamilan tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan harus dipersiapkan jangka panjang bahkan sebelum proses kehamilan terjadi. “Untuk mendapatkan keturunan yang sesuai dengan harapan  tentu harus disiapkan dengan baik,” ujar dr Tin Elasari SpOG KFM Mkes dari RS Hermina Palembang.

Persiapannya antara lain, melakukan medical check up secara meyeluruh dan teratur termasuk pengobatan penyakit yang diderita sebelum hamil sampai dinyatakan sembuh atau diperbolehkan hamil oleh dokter dan dalam pengawasan.

"Kemudian menjaga kesehatan gigi saat melakukan persiapan kehamilan  juga penting di lakukan karena berpengaruh terhadap kesehatan ibu saat hamil. Selain itu terjadi perubahan hormon selama hamil sehingga ibu hamil rentan terhadap penyakit gusi," jelasnya. 

Kebugaran juga berpengaruh pada persiapan kehamilan. Olahraga teratur berupa latihan ringan seperti berjalan kaki, bersepeda dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Berusaha untuk menurunkan berat badan bila obesitas (kegemukan) dan menambah berat badan bila terlalu kurus.

Mengkonsumsi makanan bergizi dan  mengandung vitamin yang diperlukan dalam persiapan kehamilan misalnya  vitamin E, Vitamin C, asam folat, zat besi, seng, fosfor, seleniumdan pola gizi seimbang terutama diet tinggi kalori protein.

"Persiapankan mental dan psikologis dengan baik agar kehamilan yang akan dijalani menjadi nyaman. Sebaiknya menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat menggannggu keseimbangan hormonal," imbuhnya. 

Hal penting lainnya, persiapan keuangan yang matang untuk menjaga kesehatan dan persiapan menghadapi kehamilan dan persalinan. “Masalah ini menjadi salah satu faktor penting karena timbulnya ketegangan psikis serta tidak terpenuhinya gizi yang baik pada saat kehamilan tak jarang timbul akibat ketidaksiapan pasangan dalam hal finansial atau keuangan,” ungkapnya.