PDAM perbaiki mesin pompa distribusi air bersih

id PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu,air bersih,berita sumsel,berita palembang,Unit Pengolahan (UP) Bakung,Direktur PDAM Ogan Komering Ulu,Abi Kusno

PDAM perbaiki mesin pompa distribusi air bersih

Instalasi pengelolaan air PDAM. (ANTARA)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memperbaiki mesin pompa distribusi air bersih pelanggan yang rusak di Unit Pengolahan (UP) Bakung, Kecamatan Baturaja Timur.

"Salah satu mesin pemompa air bersih di UP Bakung mengalami kerusakan sejak beberapa hari lalu sehingga perlu dilakukan perbaikan," kata Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno di Baturaja, Jumat.

Ia menjelaskan mesin pemompa tersebut rusak akibat beroprasi selama 24 jam sedangkan tidak ada air baku untuk diolah karena Sungai Ogan saat ini sedang surut.

"Bahkan, mesin ponton di UP Bakung sudah menyentuh dasar sungai karena airnya sedang surut," katanya.

Beruntung lanjutnya, dua mesin yang masih berfungsi ini merupakan pompa rendam sehingga air baku masih bisa disedot ke Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Ia mengemukakan akibat kerusakan satu unit mesin pemompa ini menyebabkan distribusi air bersih ke sejumlah pipa pelanggan rumah tangga menjadi tidak lancar seperti sebelumnya.

"Distribusi air sejumlah pelanggan di Desa Air Paoh dan kawasan perumahan RS Sriwijaya, Kecamatan Baturaja Timur terganggu selama dilakukan perbaikan pada mesin tersebut," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan membendung Sungai Ogan agar mengalir ke ponton sehingga distribusi air bersih pelanggan PDAM di kawasan itu tetap lancar meskipun volume air sungai sedang surut.

"Dalam membendung sungai kami menggunakan alat berat agar lebih maksimal," ujarnya.