Pemkab OKU bakal terapkan sistem e-budgeting

id e-budgeting,Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu,aplikasi E-Budgeting,A Tarmizi,Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten oku,berita sumsel,berita pal

Pemkab OKU bakal terapkan sistem e-budgeting

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab OKU, Achmad Tarmizi (ANTARA News Sumsel/edo purmana/Ang/18)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan bakal menerapkan penggunaan sistem aplikasi E-Budgeting untuk penyusunan anggaran secara online atau daring yang direncanakan mulai diterapkan pada 2019.

"Penerapan aplikasi E-Budgeting ini merupakan lanjutan dari sistem E-Planning yang sudah diberlakukan tahun ini," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU), A Tarmizi di Baturaja, Kamis (20/9).

Dia mengatakan, tujuan diterapkannya aplikasi E-Budgeting tersebut untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan anggaran di pemerintahan daerah setempat.

"Rencana penerapan aplikasi ini sudah kami sosialisasikan beberapa waktu lalu yang melibatkan seluruh Kabag di Setda OKU dan operator Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat," katanya.

Dia mengemukakan, dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2019 akan ditentukan proyeksi pendapatan ataupun belanja serta kebijakan prioritas pembangunan daerah yang terintegrasi dilakukan secara elektronik.

Dengan demikian program rencana pembangunan di Kabupaten OKU dapat terarah sekaligus meminimalisir terjadinya penyimpangan anggaran yang berujung ke masalah hukum.

"Penerapan aplikasi ini dapat mencegah praktek korupsi yang dilakukan oknum tertentu," tegasnya.

Dijelaskannya, E-Budgeting merupakan sebuah sistem keuangan yang disimpan secara online dan transparan karena dapat diakses semua pihak.

Setiap orang bisa mengakses data-data anggaran yang disusun oleh pemerintah sehingga dapat mencegah praktek penyimpangan atau kecurangan dari birokrasi pemerintahan.

"Sistem ini diterapkan sebagai dokumentasi penyusunan anggaran di setiap daerah termasuk di Kabupaten OKU," ujar dia.