Warga luar Palembang coba naik LRT

id lrt,berita sumsel,berita palembang,berita antara,wisata palembang,lrt sumsel,lrt palembang

Warga luar Palembang coba naik LRT

Dokuemtasi- Sejumlah warga menikmati pemandangan dari kereta api ringan atau jendela Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumsel.( ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Warga dari sejumlah kabupaten dan kota luar Palembang, banyak yang mencoba kereta api ringan atau light rail transit (LRT) sekalian untuk berwisata di ibu kota Sumsel.

Puluhan warga dari sejumlah daerah dalam Provinsi Sumatera Selatan seperti dari Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Muaraenim, mengantre di Stasiun LRT Mal Palembang Icon, Minggu.

Bersama puluhan warga masyarakat Palembang, mereka memanfaatkan transportasi massal itu untuk sekadar mencoba sambil jalan-jalan mengisi waktu libur akhir pekan bersama keluarga.

Salah seorang warga Baturaja, Ogan Komering Ulu, Salim mengatakan, sudah lama ingin mencoba kereta LRT namun baru hari ini ada waktu jalan-jalan liburan bersama istri dan dua anaknya ke Palembang.

"Naik kereta api sudah sering bagi keluarga kami, karena ada jalur rel kereta rute Palembang-Lampung melintas di Baturaja, namun naik LRT dengan rel di atas tiang merupakan pengalaman yang baru pertama kali dan menjadi kebanggaan tersendiri," ujarnya.

Kereta LRT ini sangat bagus dan nyaman, pelayanan petugas juga cukup baik, kata warga yang mencoba perjalanan dengan angkutan massal itu dari Stasiun Palembang Icon ke Mal Ogan Permata Indah (OPI) Jakabaring.

Selain itu, menurut warga petugas PT KAI juga cukup ramah ramah memberikan penjelasan mengenai jadwal keberangkatan kereta,, dan memberikan pelayanan cepat sehingga tidak merlukan waktu lama untuk mendapatkan tiket perjalanan menggunakan jasa transportasi massal itu.

Sementara sebelumnya Humas PT KAI Divre Palembang Aida menjelaskan seusai pelaksanaan Asian Games XVIII jam operasional LRT dikurangi dengan memberlakukan jadwal baru keberangkatan kereta maksimal pukul 18.00 WIB.

Bagi masyarakat yang akan menggunakan jasa transportasi umum LRT diimbau untuk memperhatikan jadwal keberangkatan sehingga bisa menyesuaikan waktu perjalanan dari pagi hingga sore hari.

Dia menjelaskan, kebarangkatan kereta pada pagi hari dari Stasiun LRT Bandara SMB II Palembang dengan tujuan stasiun terjauh/terakhir Stasiun DJKA Jakabaring mulai pukul 06.46, 06.47, 07.29, 08.01, 09.06, 09.41 WIB dan seterusnya setiap 30 hingga 60 menit yang pemberangkatan terakhirnya dijadwalkan pada pukul 17.57 WIB.

Sedangkan dari Stasiun LRT DJKA Jakabaring dengan tujuan terakhi Stasiun Banda SMB II Palembang, jadwal keberangkatannya pada pagi hari mulai pukul 04.37 WIB, 05.14, 05.51, 06.28 WIB dan seterusnya setiap 30-60 menit hingga pemberangkatan terakhir pada pukul 16.25 WIB.

Biaya tiket perjalanan dari stasiun ke stasiun terdekat Rp5.000 per orang, sedangkan perjalanan terjauh dikenakan tarif Rp10.000 per orang, kata Aida.