Palembang panen padi sawah lebak

id Panen padi,Sawah,Padi

Palembang panen padi sawah lebak

Plh Wali Kota Palembang, Harobin Mustofa melakukan panen padi di Kertapati Palembang, Kamis (2/8/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Meski sebagai kota metropolis, Palembang ternyata masih memproduksi padi dari sawah lebak di kelurahan karya jaya, kecamatan Kertapati.

"Sebagai kota metropolitan ternyata palembang bisa menghasilkan padi yang cukup banyak. Tentu ini capaian yang sangat bagus," ujar Plh Wali Kota Palembang, Harobin Mustofa, Kamis.

Pada tahun 2017 kota Palembang mampu menghasilkan 23.160 ton gabah kering padi dan 2.574 ton gabah giling pada musin tanam Oktober - Maret, dan pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota Palembang menargetkan penanaman padi sawah lebak seluas 5.775 hektare.

"Orang banyak tidak menyangka Kota Palembang masih ada lahan pertaniannya," katanya.

Selama ini di Sumatera Selatan banyak orang mengetahui penghasil padi itu dari Kabupaten Banyuasin dan OKU.

Ternyata Palembang salah satu penyumbang padi di Sumatera Selatan ini, ini tentu sebuah prestasi.
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti menjelaskan, Kertapati ini merupakan Kecamatan dengan lahan pertanian paling luas dibandingkan dengan Kecamatan yang lain.

"Dari 18 Kecamatan yang ada, hanya 12 Kecamatan yang memiliki lahan pertanian, sisanya berada di tengah-tengah kota, dan Kertapati merupakan daerah dengan lahan pertanian paling luas, maka dari itu kami sangat memaksimalkan wilayah tersebut," pungkasnya.