Bimbad: Pendataan ibadah sempurnakan haji

id haji,haji Indonesia,jamaah calon haji,Ansor,Mekkah,Tawaf,melaksanakan tawaf,rombongan haji,ibadah haji

Bimbad: Pendataan ibadah sempurnakan haji

Dokumen foto jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (ANTARA)

Mekkah (ANTARA News Sumsel) - Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Ansor Sanusi mengatakan penyelenggara layanan haji Indonesia menerapkan pendataan ibadah haji jamaah calon haji (JCH) Indonesia untuk membantu kesempurnaan ibadah.

Pendataan itu dilakukan dengan melakukan pengecekan urutan-urutan amalan ibadah haji sudah atau belum dilakukan oleh JCH. "Kasihan jamaah sudah bersusah payah dan jauh datang kesini, tapi hajinya tidak sempurna," kata Ansor di Mekkah, Selasa.

Menurutnya terdapat pengalaman pada pelaksanaan haji sebelumnya terjadi jamaah yang tidak sempurna ibadah hajinya. Amalan mengitari Kabah (Tawaf) sebagai bagian dari ritual haji seharusnya tujuh putaran hanya dilakukan dua atau tiga putaran oleh jamaah.

Untuk itu, tambahnya ibadah haji JCH diawasi petugas kelompok "Nanti akan dicek, apakah sudah ihram, apakah sudah melaksanakan tawaf sampai tujuh putaran atau belum. Sainya bagaimana. Begitu juga tahalul," jelas dia.

Ia menyebutkan pengecekan dilakukan dengan lembaran berisi daftar ibadah haji. Pihak yang mengecek adalah kepala regu dari rombongan haji.

Setelah itu lembaran diberikan kepada ketua rombongan untuk diperiksa secara acak pada jamaah.

Kepala Daerah Kerja Makkah, Endang Jumali mengatakan pengecekan ibadah dapat menjadi piranti kendali agar ibadah jamaah dapat termonitor dengan baik dan membantu mereka menyempurnakan ibadah.

"Saya ingin semuanya berbasis data. Jamaah A dari regu, kelompok terbang ini, sudah melaksanakan ihram di Bir Ali misalkan, kepala regu nanti memberikan daftar dan mengecek sudah melaksanakan tawaf tujuh putaran apa belum..? Sudah, maka diberikan tanda yang sama. Begitu seterusnya," terangnya.