L2Dikti Sumbagsel fokus peningkatan akreditasi PTN-PTS

id L2Dikti,ptn,pts,perguruan tinggi,berita sumsel,berita palembang,peningkatan akreditasi universitas

L2Dikti Sumbagsel fokus peningkatan akreditasi PTN-PTS

Arsip- Tampak suasana ujian di Universitas Negeri. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumatera Bagian Selatan, yang merupakan pengembangan dari lembaga Kopertis berupaya fokus kepada peningkatan akreditasi.

"Sesuai dengan kewenangan yang diperluas sebagai lembaga pembinaan perguruan tinggi swasta dan negeri, kami akan terus berupaya melakukan berbagai kegiatan yang dapat mendorong perguruan tinggi baik swasta maupun negeri meningkatkan akreditasi," kata Kepala?Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah II Slamet Widodo, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, upaya mendorong?perguruan tinggi di wilayah kerjanya yang meliputi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, dan Bengkulu untuk meningkatkan akreditasi program studi dan institusi.

"Perguruan tinggi yang hingga kini akreditasinya C, bahkan belum memperoleh akreditasi institusi didorong untuk menyiapkan berkasnya dan segera mengajukan permohonan akrefitasi ulang dan akreditasi institusi," ujarnya.

Dia menjelaskan, hingga kini masih sangat banyak perguruan tinggi terutama milik awasta ?yang tersebar di empat provinsi wilayah kerjanya akreditasi C dan belum mengurus akreditasi institusi.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya cukup prihatin dan berupaya melakukan berbagai tindakan dan kebijakan yang bisa memotivasi pimpinan perguruan tinggi segera mengajukan permohonan proses akreditasi lembaga pendidikan yang dikelolanya.

Berdasarkan perkembangan data yang dimiliki sekarang ini, dari 216 PTS di lingkungan L2Dikti Wilayah II hingga sekarang ini kurang dari 100 PTS yang telah memperoleh akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), kata Widodo.