Pabrik kembali beli sawit dengan harga murah

id sawit,berita sumsel,berita palembang,CPO,harga sawit

Pabrik kembali beli sawit dengan harga murah

Petani sawit saat menjual TBS. (ANTARA News Sumsel/Marjamin/Erwin M)

Mukomuko (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 11 pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini kembali membeli komoditas perkebunan milik petani setempat dengan harga lebih murah dibandingkan sebelumnya.

"Saat ini harga sawit turun di seluruh pabrik kelapa sawit di daerah ini," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu setelah memperoleh data harga beli tandan buah segar kelapa sawit dari pabrik kelapa sawit di daerah itu.

Berdasarkan data tersebut, harga TBS kelapa sawit di pabrik PT SSJA turun dari sebesar Rp950 per kilogram menjadi Rp880 per kg, di pabrik CPO milik PT S3 turun dari sebesar Rp1.030 menjadi Rp1.020 per kg, harga sawit di pabrik PT BMK Rp1.060 per kg menjadi Rp1.030 per kg.

Kemudian di pabrik PT KSM turun dari sebesar Rp1.030 per kg menjadi Rp1.000 per kg, PT MMIL turun dari Rp1.030 per kg menjadi Rp1.000 per kg, PT SAP turun dari Rp1.040 per kg menjadi Rp990 per kg.

Lalu di pabrik CPO milik PT AMK turun dari sebesar Rp1.025 per kg menjadi Rp1.000 per kg, harga sawit di pabrik PT DDP di Kecamatan Ipuh dan di Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.040 per kg menjadi Rp1.010 per kg.

Berdasarkan data tersebut, seluruh pabrik CPO membeli TBS kelapa sawit milik petani setempat itu lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh tim perumus harga komoditi perkebunan provinsi setempat, yakni sebesar Rp1.200 per kilogram.

Dinas Pertanian setempat telah melaporkan pabrik kelapa sawit yang membeli sawit dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditas perkebunan kepada pemerintah provinsi setempat.

Selanjutnya pemerintah provinsi mengambil kebijakan terkait masalah tersebut karena tim dari provinsi yang menetapkan harga sawit di daerah ini, ujarnya.