Material baru tiba, Jembatan Ogan mulai diperbaiki

id jembatan ogan,jembatan,jembatan rusak,kertapati,palembang

Material baru tiba, Jembatan Ogan mulai diperbaiki

Aarsip-Kondisi Jembatan Ogan Kertapati Palembang paska ditabrak tongkang terlihat mengalami merusakan cukup parah, Minggu (10/6/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

....Jembatan terpaksa kami tutup untuk sementara waktu sampai proses perbaikan selesai dilakukan. Untuk kendaraan roda empat keatas. Kalau motor masih bisa lewat. Mobil dan truk kami alihkan ke jembatan yang ada di sebelahnya....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Satker Metropolis BBPJN wilayah V Kementerian PUPR, Suwarno mengatakan sejumlah material dan peralatan untuk perbaikan jembatan ogan telah tiba. 

"Makanya sekarang sedang baru kita lakukan proses perbaikan lantaran material baru tiba senin malam (2/6)," ujarnya di Palembang, Rabu.

Menurut dia, proses perbaikan juga tertunda lantaran material yang  belum ada karena pabrikan material karyawan yang libur selama lebaran. Dia menerangkan, proses perbaikan akan memakan waktu selama dua minggu itupun jika tidak ada hambatan. 

Dijelaskan Suwarno, akibat tabrakan, salah satu pilar jembatan mengalami keretakan yang cukup lebar. Bahkan jembatan bergeser hingga 2 cm. Lebar keretakannya pun mencapai 6 cm dengan panjang sekitar dua meter. Kondisi itu membuat jembatan tidak bisa menanggung beban yang berat.

“Jembatan terpaksa kami tutup untuk sementara waktu sampai proses perbaikan selesai dilakukan. Untuk kendaraan roda empat keatas. Kalau motor masih bisa lewat. Mobil dan truk kami alihkan ke jembatan yang ada di sebelahnya,” terangnya.

Menurut Suwarno, proses perbaikan jembatan hanya dilakukan pada bagian yang tertabrak. Sebab kejadian tabrakan itu hanya merusak bagian pilar yang tertabrak dan tidak membuat kerusakan pada komponen jembatan lainnya. 

Diberitakan sebelumnya, salah satu pilar jembatan Ogan Lama, Kertapati, Rabu (6/6), ditabrak oleh Kapal Tongkang BP01 ukuran 200 speed yang didampingi dengan Tug Boat TB Jangkat. Akibat kejadian itu, jembatan mengalami kerusakan hingga bergeser 2 cm dari posisi semula.