Berbuka puasa dengan hidangan khas Hong Kong

id mie kuah chasiu ayam,orange slush,Berbuka puasa,makanan hongkong,buber,restoran oriental,berita sumsel,berita palembang

Mie kuah chasiu ayam (Ist)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Hidangan khas Hong Kong yang disajikan dengan cita rasa Indonesia dan halal, kini hadir sebagai pilihan unik untuk berbuka puasa warga Jakarta selama Ramadhan 1439 Hijriyah.

Resto "Tasty Kitchen" menyajikan dua paket buka puasa dengan menu khas Hong Kong yakni nasi goreng chasiu ayam beserta minuman segar orange slush serta mie kuah chasiu ayam dengan minuman yang sama.

"Paket buka puasa ini kami sajikan selama periode 7-14 Juni. Karena Resto kami baru hadir pada 7 Juni," kata Presiden Direktur Trans Food dan Beverage, Fransiscus Sumampow, usai pembukaan di Jakarta, Kamis malam.

Selain menyajikan nasi goreng chasiu ayam dan mie kuah chasiu ayam, pihak resto juga menyajikan hidangan khas Hong Kong lainnya seperti aneka dim sum, bak pao, siomay, kuo tie, lumpia kulit tahu, dan lainnya.

Untuk menu sayuran, ada tumis pok coy, kailan bawang putih, kailan daging sapi, brokoli sapi, buncis sapi cincang dan tauge tumis ikan asin. Untuk yang ingin menyantap kudapan ada onde-onde dengan taburan biji wijen hitam berisi kuning telur asin, kue lobak goreng, pastel durian dan lainnya.

"Guna menjaga orisinalitas bentuk, dan komposisi dari masing-masing hidangan kami mendatangkan langsung tiga chef dari Hong Kong. Hanya cita rasanya kami sesuaikan lidah orang Indonesia. Ini yang membedakan restoran Hong Kong/oriental kami dengan restoran sejenis di Indonesia. Sebagian besar mereka mengadopsi kuliner Hong Kong dengan mendatangkan chef dari Malaysia atau Singapura. Kalau kami langsung dari Hong Kong," ungkap Fransiscus.

Untuk sajian andalan, ia mengatakan, semua restoran oriental di Indonesia memiliki hidangan bak pao yang tampil dengan bentuk setengah bulat, berwarna putih. Tapi kami punya bak pao jamur wijen hitam yang tak kalah lembut tekstur dan nikmat rasanya. Aneka bubur kami juga sajikan,.

Tak hanya mendatangkan juru masak dari Hong Kong, pihaknya juga telah melakukan survei aneka kudapan beserta cita rasanya di Shanghai dan Hong Kong untuk memastikan aneka sajian hidangan khas Hong Kong yang pas dengan cita rasa Indonesia.

Sementara itu, Direktur Operasi "Tasty Kitchen" Kenny Lai menambahkan, tiga chef yang didatangkan dari Hong Kong tersebut sekaigus memberikan pelatihan kepada juru masak Indonesia.

"Sehingga kedepan kita akan menggunakan juru masak Indonesia yang sudah terlatih dengan hidangan Hong Kong. Juru masak Indonesia hebat-hebat juga kok, hanya kita perlu melatih mereka agar mampu menampilkan hidangan khas Hong Kong dengan cita rasa Indonesia," katanya.

Ketiga juru masak dari Hong Kong telah berpengalaman sekitar 40 tahun, dan salah satunya ahli dalam membuat dim sum.

Salah satu pengunjung, Bambang Widjanarko yang mencicipi sejumlah hidangan termasuk bak pao jamur wijen hitam mengatakan, "Enaka bak paonya".

Bambang yang pernah bertugas di Beijing dan bolak balik Hong Kong menambahkan, semua hidangan memang khas Hong Kong, ada pula hidangan khas China seperti ayam goreng Szechuan, namun cita rasanya sangat pas dengan lidah orang Indonesia.

Selain Jakarta, restoran dengan konsep "open kitchen" itu--layaknya sebagian besar restoran di Hong Kong--segera hadir di Bandung dan Pontianak.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar