Sumsel kebut perbaikan jalan hadapi arus mudik lebaran

id jalan,perbaikan jalan,mudik lebaran,arus mudik,dinas pekerjaan umum,pu,jalan provinsi,jalan nasional

Sumsel kebut perbaikan jalan hadapi  arus mudik lebaran

Dokumen - Sejumlah pekerja melakukan perbaikan Jalan Soekarno Hatta Palembang, Sumsel, Sabtu (20/6). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/15)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Provinsi Sumatera Selaran mengebut perbaikan jalan di sejumlah ruas yang bakal dilewati kendaraan mudik Lebaran.

Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan Muchtar di Palembang, Kamis, mengatakan, dari total 1.600,18 kilometer jalan provinsi terdata terdapat 185,12 kilometer jalan rusak ringan dan 45,85 jalan rusak berat yang membutuhkan penanganan cepat.

"Saat ini beberapa ruas jalan provinsi sedang diperbaiki untuk menghadapi masa arus mudik dan arus balik lebaran," kata dia.

Ia menjelaskan, perbaikan yang dilakukan ini bersifat fungsional yakni mengembalikan fungsi jalan atau belum mengarah ke peningkatan kapasitas jalan.

Hal itu lantaran anggaran yang dimiliki pemprov sangat terbatas yakni hanya Rp910 miliar yang diperuntukkan untuk perbaikan jalan secara keseluruhan.

Bahkan anggaran tersebut sudah termasuk dana alokasi khusus dari pemerintah pusat yang besarannya Rp93 miliar.

"Untuk memperbaiki semua jalan rusak tentu anggaran ini dinilai kurang, sebab anggaran yang ada ini pun termasuk untuk pembangunan dan perbaikan jembatan-jembatan di Sumsel," kata dia.

Perbaikan sejumlah ruas jalan terpantau terjadi di jalan-jalan pusat kota.

Jalan yang umumnya rusak karena pengaruh pembangunan proyek infrastruktur kereta layang ringan atau "Light Rail Transit" (LRT) dan jembatan yang akan digunakan saat Asian Games XVIII pada Agustus mendatang.