Bangka andalkan sembilan objek wisata

id Pantai, wisata, andalan, bangka, sembilan, sumsel

Dok. ANTARA FOTO/Aji Styawan/pd/18.

Sungailiat (ANTARA News Sumsel) - Kabupaten Bangka mengandalkan sembilan objek wisata yang menjadi tujuan wisatawan nusantara maupun mancanegara, kata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Bangka saat ini memiliki sembilan objek wisata andalan kebanyakan objek wisata pantai, " kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Asep Setiawan di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan objek wisata itu berada di dua kecamatan yakni di Kecamatan Belinyu antara lain Pantai Romodong, Pantai Penyusuk dan Pantai Batu Dinding kendati memerlukan waktu perjalanan dua jam banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini.

Menurut dia, objek lainnya berada di Kecamatan Sungailiat seperti Pantai Tanjung Pesona, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras, Pantai Tongachi dan Pantai Tikus Emas, selain itu ada objek wisata religi berupa Padepokan Puri Tri Agung.

"Objek wisata ini kalau untuk wisatawan dalam negeri sudah banyak yang kenal, namun untuk luar negeri baru beberapa negara saja itu juga melalui event yang kita selenggarakan setiap tahun," katanya.

Ia mengatakan pihaknya masih mengalami kendala untuk mengembangkan objek-objek tersebut secara maksimal, pertama minimnya anggaran yang dimiliki pemerintah daerah dan lahan objek wisata yang diklaim milik warga masyarakat.

Ia mengharapkan kendati pihaknya belum bisa 100 persen mengelola objek, pihak ketiga baik pribadi maupun kelompok masyarakat tergabung di kelompok sadar wisata terus berbenah guna menyajikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung.

"Mudah-mudahan warga dan investor bersama kelompok masyarakat bisa terus meningkatkannya, kita tetap mendukung apa pun bentuknya," katanya.

Ia menambahkan objek wisata lainnya selain sembilan objek unggulan, objek wisata pantai yang tetap menjadi primadona wisatawan lokal dan dalam negeri seperti Pantai Rambak, Pantai Pukan dan Pantai Air Anyir. 

 
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar