Kondisi hamil sehat boleh berpuasa

id ibu hamil,ramadhan,kandungan,puasa

Kondisi hamil sehat boleh berpuasa

Ilustrasi - Ibu hamil (Antarasumsel.com/Reuters)

Kondisi ibu hamil, tentunya sangat berbeda dengan orang yang tidak hamil. Makanya dibutuhkan stamina yang kuat untuk menjaga kondisi agar tetap fit
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Banyak manfaat puasa bagi kesehatan, tak terkecuali pada wanita hamil karena dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. 

"Wanita hamil mengkonsumsi makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan karena overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan," ujar dokter kandungan, dr Anhar SpOG. 

Serta menimbulkan penyakit degenerative, seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis, dan berbagai penyakit lainnya. Ibu hamil diperbolehkan berpuasa selama puasanya tidak memberikan ancaman kesehatan baik bagi sang ibu maupun sang janin. 

Selama hamil biasanya ibu telah melakukan pemeriksaan akan kesehatan janin dan kondisinya sendiri. Sehingga dapat mengetahui apakah ibu tersebut diperbolehkan berpuasa yang aman untuk kesehatan keduanya.

"Kondisi ibu hamil, tentunya sangat berbeda dengan orang yang tidak hamil. Makanya dibutuhkan stamina yang kuat untuk menjaga kondisi agar tetap fit,” ujarnya. 

Jika kondisi hamil tidak memungkinkan puasa atau yang harus diwaspadai seperti pendarahan. Pada ibu yang pernah mengalami pendarahan semasa kehamilan, memaksakan diri hanya akan membuat keadaan kemungkinan bertambah parah. 

Paling tidak kalau dipaksakan puasa, ibu tidak bisa mengkonsumsi obat yang diresepkan. Kemudian dehidrasi, jika sampai mengalami hal ini dapat dibayangkan apa jadi bumil bersama bayi yang tengah dikandungnya,” katanya.

Jangan sampai bumil mengalami hal ini dengan gejala diare, muntah berlebih, keringat dingin disertai keluhan pusing dan lemas,” katanya.