Babel jadikan taman bumi Belitung berkelas dunia

id bangka,panatai,batu besar,belitung,objek wisata belitung,berita antara,berita palembang,berita sumsel

Batu besar di Pantai Parai Sungai Liat, merupakan salah satu potensi objek wisata Provinsi Bangka Belitung. (ANTARA)

Pangkalpinang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menjadikan taman bumi (geopark) di Pulau Belitung berkelas dunia, melalui percepatan pembangunan sarana dan prasana di kawasan "geosite" di daerah itu.

"Saya ingin geopark Pulau Belitung menjadi geopark berkelas dunia," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah di Pangkalpinang, Selasa.

Untuk itu, diminta Badan pengelola taman bumi Belitung dan Belitung Timur segera menyusun daftar kebutuhan yang menjadi skala prioritas, agar pemerintah provinsi dapat memfasilitasi menyelesaikan masalah percepatan pembangunan sarana dan prasana di pulau tersebut.

"Langkah ini merupakan bentuk rencana aksi yang harus dilakukan secara bersama-sama dalam rangka menuju ke tataran geopark kelas dunia," ujarnya.

Ia mengapresiasi semangat dan keseriusan Bupati Belitung, Bupati Belitung Timur, Ketua Umum Badan Pengelola Geopark beserta tim yang tergabung dalam keanggotan Badan Pengelola Geopark beserta masyarakat yang terus bahu-membahu membangun sarana-prasarana secara swadaya di kawasan taman bumi tersebut.

"Saya berharap koordinasi terkait pengembangan geopark di Pulau Belitung agar ke depan lebih intens dilakukan, karena geopark ini memang multi sektoral," katanya..

Pjs Bupati Belitung, Sahirman mengatakan akan segera membentuk Tim Koordinasi Geopark ditingkat provinsi untuk menyelesaikan masalah kehutanan dan pertambangan yang telah menjadi kewenangan pemprov.

"Mudahan-mudahan dengan terbentuknya Tim Koordinasi Geopark Pemprov Kepulauan Babel lebih memperlancar akses koordinasi Pengembangan Geopark menuju UNESCO Global Geopark 2018," katanya.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar