APP: "Zero Fire" kebakaran hutan jelang Asian Games

id app sinar mas,app,sinar mas,hutan,kebakaran hutan,asian games,Suhendra Wiriadinata

APP: "Zero Fire" kebakaran hutan jelang Asian Games

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata (Dok Humas APP/16)

....Apalagi kami menyadari akan menghadapi kegiatan berskala dunia Asian Games pada 2018 sehingga jangan sampai kebakaran hutan dan asap mengganggu pelaksanaan ajang olahraga terbesar kedua di dunia itu....
Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menargetkan "zero fire" dan "zero haze" di lahan konsesi milik perusahaan kertas itu dengan menerapkan strategi Manajemen Penanggulangan Kebakaran Terintegrasi khususnya selama penyelenggaraan "Asian Games 2018" di Palembang khususnya.

"Pelaksanaan Asian Games bulan Agustus mendatang bersamaan dengan musim kemarau dengan risiko kebakaran hutan dan lahan cukup tinggi," kata Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata dalam diskusi terkait strategi Menghadapi Karhutla di Desa Mandiri di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan antisipasi kejadian karhutla yang dimulai sejak tahun 2016 sehingga mulai terasa hasilnya sejak dua tahun terakhir dengan berkurangnya kebakaran hutan.

Suhendra mengatakan APP pernah menghadapi kebakaran hutan dan lahan yang cukup besar, yakni pada tahun 2015 sehingga upaya pencegahan lebih intensif dilakukan pada tahun-tahun berikutnya.

"Apalagi kami menyadari akan menghadapi kegiatan berskala dunia Asian Games pada 2018 sehingga jangan sampai kebakaran hutan dan asap mengganggu pelaksanaan ajang olahraga terbesar kedua di dunia itu," katanya.

Apalagi, ujar Suhendra APP Sinar Mas menjadi mitra resmi Asian Games.

Untuk antisipasi Karhutla menjelang pelaksanaan Asian Games hingga selesai kegiatan, pihaknya telah menginvestasikan senilai 3,8 juta dolar sebab ini pertaruhan besar. Sedangkan untuk antisipasi karhutla di lahan konsesi,  APP telah menginvestasikan lebih dari 100 juta dolar AS sehingga hasilnya mulai tampak dalam beberapa tahun terakhir  asap kebakaran hutan tidak terlalu mengganggu sehingga mendapat pujian dari negara tetangga., katanya.

Selain itu, ujar Suhendra upaya lain mencegah karhutla adalah dengan membentuk Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang dikombinasikan dengan pelestrian alam.

"Masyarakat diarahkan untuk mengelola lahan secara agroforesti dengan bercocok tanam sekaligus masyarakat didorong untuk ikut  menjaga hutan dan lahan serta mencegah terjadinya kebakaran hutan," katanya.    

Program DMPA sudah dimulai sejak tahun 2016 dan ditargetkan mencapai 500 desa di tahun 2020, yakni desa-desa yang bwrada di wilayah konsesi APP.

Sebelumnya, Manajae Data Kebakaran dan Teknologi Informasi APP Sinar Mas Gustaf Rantung mengatakan  untuk mengatasi kebakaran hutan melalui deteksi titik api, pihaknya telah melibatkan para  ahli dalam penanganan kebakaran hutan yang berasal adri Spanyol dan Portugal.

"Mereka memiliki keahlian yang tinggi dalam proses pemadaman kebakaran," katanya.

Beberapa antisipasi yang sudah dilakukan untuk.mengjadapi Asian Games 2018, adalah dengan membuat pemetaan di lahan yang memilki riaiko tinggi untuk menjadi potensi, katanya.

Kebiatan antisipiasi untuk.menghadapi Asian Games sudah dimulai sejak Mei 2018 hingga Oktober 2018 dengqn kerjasama sejumlah komponen masyarakat, seperti polisi, masyarakat, tokoh adat, dan dari pengalaman.