Sumsel dorong restorasi hutan

id restoasi lahan dan hutan,hutan gambut,hutan,lahan,wwf,konsersium

Sumsel dorong restorasi hutan

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (tengah) bersama Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead (kanan) saat rapat koordinasi khusus kebakaran hutan dan lahan di Palembang, Senin (2/4). ANTARA News Sumsel/ Feny Selly/Ang/18

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mendorong berbagai pihak melaksanakan restorasi hutan dan lahan untuk menciptakan ekonomi hijau yang berkelanjutan.

Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani di Palembang, Senin, mengatakan pihaknya terus mendorong supaya restorasi lahan dan hutan makin optimal, karena  sekarang ini telah dibuat Peraturan Gubernur Sumatera Selatan tentang Rencana Induk Pertumbuhan Ekonomi Hijau Sumsel.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengoptimalkan pelaksanaan restorasi lahan dan hutan, termasuk gambut.

Dia mengatakan restorasi hutan dan bentang lahan merupakan bagian dari strategi pertumbuhan ekonomi hijau yang sudah dicanangkan selama ini.

Dalam melaksanakan restorasi itu, pihaknya bekerja sama dengan mitra atau konsorsium. Bahkan, dalam mengoptimalkan restorasi lahan dan hutan serta bentang alam itu, pihaknya telah melaksanakan lokakarya bersama konsorsium.

Konsorsium itu, antara lain World Agroforestry Center (ICRAF), WRI Indonesia, WWF Indonesia dan diprakarsai?International Institute for Applied Systems Analysis (IIASA).

Dia mengatakan Lokakarya Menuju Restorasi Bentang Lahan Berkelanjutan di Sumsel itu, untuk menyatukan komitmen konservasi hutan dan lahan.

"Dengan adanya komitmen bersama itu diharapkan hutan semakin lestari dan ekonomi hijau terus berlanjut," tambah dia.