Diknas Sumsel siap laksanakan UNBK

id unbk,diknas sumsel,jaringan internet,kadiknas sumsel,ujian,sekolah,komputer,siswa,pelajar

Diknas Sumsel siap laksanakan UNBK

Arsip - Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (ANTARA FOTO/Ardiansyah/Ang)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada awal April 2018 ini karena semua prasana yang dibutuhkan telah tersedia.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo di Palembang, Senin mengatakan, semua perangkat sudah disiapkan dalam menghadapi ujian nasional tersebut, termasuk jaringan internet.

Memang tidak semua sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer tetapi masih ada sistem lama atau Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Sebab masih ada sekolah yang lokasinya belum memiliki jaringan internet dan perangkat pendukung lainnya, ujar dia.

SementaraKetua UNBK Diknas Sumsel Bonny Syafrian mengatakan, masih ada  sekolah yang belum melaksanakan UNBK karena berbagai faktor, misalnya belum memiliki peralatan, listrik termasuk jaringan internet.

Namun, ada juga sekolah yang gabung untuk dapat melaksanakan UNBK tersebut, ujar Kabid SMA Dinas Pendidikan Sumsel itu.

Berdasarkan data dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer itu untuk tingkat SMP se-Sumsel telah disiapkan 363 kompter (Server) dengan 12.642 jaringan atau client.

Untuk Madrasyah Tsanawiyah (MTs) yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota Sumsel telah tersedia 53 server dan 1.784 client. Sementara untuk SMA yang tersebar di kabupaten dan kota tercatat ada 573 server dan 19.596 client dan Madrasah Aliyah (MA)  tercatat 94 server dan 19.596 client. (T.U005)