Disperindag Sumsel upayakan harga stabil menjelang Ramadhan

id sembako,harga sembako stabil,disperindag,kebutuhan pokok,operasi pasar,pedagang,beras,telur,daging,ikan,pasar tradisional

Disperindag Sumsel upayakan harga stabil menjelang Ramadhan

Dokumntasi - Sejumlah petugas Bulog melayani warga yang membeli barang kebutuhan pokok pada Operasi Pasar Bulog Divre Sumsel-Babel di Pasar Lemabang, Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/17/i016)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perdagangan Sumatera Selatan mengupayakan harga kebutuhan sembilan bahan pokok tetap stabil menjelang Ramadhan dengan melakukan koordinasi ke seluruh instansi terkait.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Yustianus di Palembang, Rabu mengatakan, bulan puasa tinggal beberapa bulan lagi namun sekarang beberapa kebutuhan pokok sudah ada yang naik.

"Itu harus diantisipasi dan kami akan mengupayakan agar kebutuhan pokok tersebut harganya tetap stabil hingga puasa dan lebaran Idul Fitri mendatang," ujar dia.

Pihaknya terus berkoordinasi pada semua pihak terkait dalam mengantisipasi agar harga tidak naik terlalu tinggi dengan menggelar operasi pasar.

Selain itu Diperindag akan mengawasi persediaan bahan pokok yang ada di gudang dan pasar, sehingga perkembangan harga di pasaran tidak naik terlalu tinggi atau di atas batas wajar, ujar dia.

Berdasarkan pemantauan di lapangan kebutuhan bahan pokok mulai mengalami kenaikan seperti cabai merah, bawang merah, dan daging ayam potong.

Harga bawang merah dan bawang putih berkisar Rp40 ribu, cabai Rp 60 ribu, telur Rp22 ribu dan ayam potong di atas Rp30 ribu.

Khusus kenaikan cabai menurut pedagang di pasar-pasar tradisional di daerah itu harga ikan, cabai, dan bawang mengalami kenaikkan karena musim hujan sehingga panen kurang maksimal.