Sumsel tingkatkan jumlah komputer untuk UNBK

id unbk, ujian nasional,gubernur sumsel,alex noerdin,sekolah

Sumsel tingkatkan jumlah komputer untuk UNBK

Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Palembang, (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan saat ini terus berupaya untuk meningkatkan jumlah dan kualitas komputer serta fasilitas penunjang ujian nasional berbasis komputer.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin menyampaikan hal itu pada rapat paripurna menjawab pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumsel mengenai raperda tentang perubahan ketiga atas perda nomor 3 tahun 2009 tentang program sekolah gratis terkait dengan masih minimnya fasilitas komputer untuk melaksanakan UNBK di Palembang, Senin.

Menurut dia, adanya pemerataan infrastruktur dan fasilitas sekolah baik negeri maupun swasta dalam mempersiapkan penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terutama di pedesaan agar dapat terjangkau dan terlaksana dengan baik.

Sementara mengenai langkah-langkah menuju tertib administrasi dan pembiayaan operasional untuk tingkat SLTA sederajat, ia menjelaskan, melakukan revisi terhadap Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur yang terkait dengan pelaksanaan program sekolah gratis serta menerbitkan petunjuk teknis penggunan dana Program Sekolah Gratis.

Kemudian pembiayaan operasional untuk tingkat SLTA sederajat adalah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Pemerintah dan Program Sekolah Gratis dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, katanya.

Ia juga menyampaikan, bahwa salah satu tujuan sekolah gratis adalah untuk membantu masyarakat kurang mampu serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan.

Pemerintah Provinsi telah melakukan upaya pemerataan dengan mewajibkan penyelenggara pendidikan yang ada sumbangan orang tua/wali murid melalui komite sekolah untuk membebaskan anak-anak dari keluarga tidak mampu sehingga mereka tetap dapat melanjutkan sekolah sekaligus menurunkan angka putus sekolah di Provinsi Sumatera Selatan.

"Kami sependapat bahwa program sekolah gratis ini sangat membantu dalam meringankan beban orang tua siswa terutama bagi masyarakat yang tidak mampu," katanya.