Pertamina akan gelar rapat umum pemegang saham

id pertamian,rapat umum pemegang saham,RUPS,Komisaris Utama Pertamina,Tanri Abeng,berita palembang,berita sumsel,pertamina

Pertamina akan gelar rapat umum pemegang saham

Tanri Abeng. (ANTARA /HO/Roni)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - PT Pertamina (Persero) dijadwalkan akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, pukul 12:00 WIB.

RUPS tersebut digelar tertutup yang diikuti pejabat Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham Pertamina.

Sejak sekitar pukul 10:00 WIB sejumlah pejabat dan komisaris perusahaan migas tersebut mulai berdatangan menuju salah satu lantai di Kantor Kementerian tersebut.

Meski begitu, mereka umumnya tidak bersedia memberikan keterangan saat ditanya soal agenda yang akan dibahas RUPS tersebut.

"Ya undangannya seperti itu (RUPS)," kata Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng ketika dicegat sejumlah wartawan.

Sambil terburu-buru, Tanri Abeng tidak berkomentar banyak soal kemungkinan ada perombakan direksi Pertamina.

"Mungkin (perombakan) struktur juga. Tapi belum jelas, dan baru diumumkan nanti. Kalau struktur berubah maka susunannya juga berubah," katanya.

Namun belum satu jam berada di lantai 6, diinformasikan rapat diundur menjadi jam 17:00 WIB pada hari yang sama.

Wartawan yang sudah menunggu sejak pagi di lobi Kementerian BUMN, mengaku kecewa karena tidak ada informasi yang jelas soal RUPS Pertamina.

"Ya diundur jadi jam 17:00 WIB. Alasannya mundur dan kemungkinan ada perombakan direksi tanya ke Pak Harry (Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media, Kementerian BUMN Harry Fajar Sampurno," ujar Tanri.

RUPS Pertamina memang cukup menarik perhatian media. Selain BUMN strategis perusahaan ini juga sedang dalam proses pembentukan Holding BUMN Migas yang melibatkan PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

Terkait dengan itu, beredar juga rumor akan terjadi perombakan susunan direksi Pertamina. Nama Gunung Sarjdono disebut-sebut bakal menjabat Direktur Riset Technology Center.

Nicke Widyawati yang saat ini menjabat Direktur SDM Pertamina diisukan menjadi Direktur Perkapalan, M Iskandar digadang-gadang menjadi Direktur Marketing Industri.

Selain itu, beredar juga nama dari luar Pertamina yaitu Alex J Sinaga yang saat ini menjabat  Dirut Telkom kabarnya ditempatkan sebagai Direktur Marketing dan Retail, Insan Purwarisya L Tobing yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelni) akan menjadi Direktur SDM Pertamina.
(T.R017/N. Yuliastuti)