Sumsel salurkan bantuan pangan nontunai

id bpnt, bantuan pangan nontunai, beras, bantuan beras, beras rastra, beras sejahtera, penyaluran beras, distribusi beras, dinsos salurkan beras, beras m

Sumsel salurkan bantuan pangan nontunai

Arsip - Pekerja memanggul karung berisi beras di gudang Perum Bulog Divre Sumsel-Babel (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

....Penyaluran bantuan tersebut diharapkan tepat sasaran sehingga dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari....
Palembang (ANTARA News Sumsel) – Provinsi Sumatera Selatan akan menyalurkan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) untuk lima daerah pada 2018 lebih awal guna  mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat  melalui  kebutuhan pangan.

"Penyaluran bantuan tersebut  diharapkan tepat sasaran sehingga dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,"  kata Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Sumatera Selatan  Adi Darmadi,  di Palembang, pekan lalu.

Penyaluran BPNT  pada 2018 melalui bank sesuai dengan penunjukkan dari Kementerian Sosial pada lima  kabupaten dan kota di Sumsel  yakni  Kota Palembang,  Prabumulih,  Lubuklinggau, Pagaralam dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Besaran BPNT ini  Rp110 ribu per kepala keluarga perbulan, sedangkan bantuan sosial (Bansos) beras sejahtera (Rastra) sebanyak 10 kilogram  perkepala keluarga perbulan dan ini masih bisa berubah atau tergantung dengan instruksi dari Kementerian Sosial.

Pada tahap pertama ini  Kota Palembang  dimulai pada Januari 2018, dan  Kabupaten OKU pada Maret untuk BPNT.  Sedangkan  tiga kota lagi yaitu Kota  Prabumulih,  Lubuklinggau,  dan Pagaralam dimulai pada Agustus 2018.

Sementara di luar lima kabupaten dan kota itu masih berupa penyaluran bansos rastra,  ujarnya,  pagu alokasi itu berdasarkan keputusan Menteri Sosial yang merujuk pada SK Mensos  No:  4 tahun 2018.

BPNT sebesar Rp110 ribu perkepala keluarga perbulan itu didistribusikan melalui e-warong yang dicairkan dalam bentuk bahan pokok seperti  beras dan telur ayam, jelasnya.

Untuk penyalurannya pada tahun 2018 ini lebih awal dibandingkan dengan tahun 2017.

Sementara   Bansos Rastra sudah diluncurkan pendistribusiannya di Sumatera Selatan pada 17 Januari 2018.

Kepala Perum Bulog Divre Sumsel dan Bangka Belitung, Bakhtiar AS mengatakan,  untuk bansos rastra ini didistribusikan mulai Rabu ( 17/1) dan pelaksanaannya adalah Bulog.

"Mungkin kita adalah provinsi pertama yang melaksanakan peluncuran distribusi bansos rastra secara nasional," ujarnya.

Ia menuturkan, sesuai dengan intruksi  penyaluran beras itu  jenis medium  sesuai standar atau berdasarkan Inpres No:  5 dengan kualitas kondisi baik. Penyaluran Rastra  di Sumsel  sebanyak 4.250 ton  sehingga jika  dikalikan dalam 12 bulan mencapai  51 ribu ton.