Pengadilan Negeri Baturaja canangkan zona integritas

id pengadilan negeri,berita palembang,berita sumsel,antara sumsel,integritas pengadilan negeri.,pelayanan birokrasi,Ketua Pengadilan Negeri baturaja,Sing

Pengadilan Negeri Baturaja canangkan zona integritas

Arsip- Pengadilan Negeri (ANTARA Sumsel/Feny Selly)

Baturaja (Antaranews Sumsel) - Pengadilan Negeri Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, melakukan pencanangan zona integritas untuk wilayah kerja tiga kabupaten, yakni OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan.

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Baturaja Singgih Wahono SH di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa kegiatan pencanangan zona integritas bertujuan meningkatkan pelayanan birokrasi di pengadilan setempat.

"Hal ini untuk membantu pencari keadilan supaya lebih mudah," kata dia.

Menurut dia, pihaknya ingin melayani masyarakat atau publik sebagai pencari keadilan serta mengubah wajah pengadilan yang selama ini disebut sebagai tempat yang harus dihindari.

Pihaknya ingin menjadikan pengadilan sebagai tempat pelayanan bagi masyarakat yang ingin berurusan hukum maupun untuk belajar praktik hukum.

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan dukungan dari unsur pimpinan daerah dan juga pihak terkait dari "criminal justice system", kerja sama mulai polres, kejaksaan, sampai pengadilan.

"Komitmen yang kami buat hari ini disaksikan kapolres, kajari dan berbagai pihak terkait," ungkapnya.

Menurut Singgih, zona integritas ini punya tanggung jawab mulai dari moral, profesi, dan kepada publik.

"Pelayanan satu pintu ini juga untuk menghindari terjadinya praktik pungutan liar (pungli)," ujarnya. *
(T.KR-EDO/S024)