Rafflesia Arnoldii berkelopak tujuh mekar di Bengkulu

id Rafflesia Arnoldii,bunga bangkai,Desa Manau IX,berita palembang,berita sumsel

Dokumentasi- Rafflesia Arnoldii (Ist)

Bengkulu (Antaranews Sumsel) - Satu bunga langka Rafflesia arnoldii dengan kelopak tujuh mekar sempurna di kawasan belukar sekitar Sungai Penangkulan Desa Manau IX Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

"Ini pertama kali terjadi yang kami saksikan bunga Rafflesia arnoldii dengan tujuh kelopak karena normalnya lima kelopak," kata Koordinator Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka, Andri Yan saat dihubungi dari Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan kelopak bunga mulai membuka pada Minggu (14/1) siang dan anggota komunitas langsung mempublikasikan keberadaan bunga tersebut di media sosial.

Awalnya kata Andri mereka tidak menyangka bunga itu berkelopak tujuha sehingga penghitungan dilakukan beberapa kali.

"Kami sempat mengira salah lihat dan salah hitung ternyata setelah diulang beberapa kali memang kelopaknya tujuh," ucapnya.

Sejak hari pertama mekar, bunga langka itu sudah dikunjungi masyarakat, khususnya pelajar dari SMA Negeri 2 Kaur dan anggota pramuka dari Maje Nasal sebanyak 60 orang.

Kondisi bunga pada hari kedua menurut Andri diperkirakan akan mekar sempurna dan jumlah kelopak akan lebih jelas terlihat.

Anggota komunitas sudah membuat jalur setapak untuk memudahkan pengunjung menyaksikan keunikan bunga langka dengan tujuh kelopak tersebut.

"Ini momen langka, jadi bagi masyarakat yang ingin menyaksikan bunga rafflesia dengan tujuh kelopak bisa langsung datang ke Desa Manau IX," ucapnya.

Desa Manau IX di Kecamatan Padang Guci Ulu dapat ditempuh selama empat jam menggunakan roda dua dari Kota Bengkulu.

Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Padang Guci telah menyiapkan rumah tinggal bagi pengunjung dari luar kota.
(T.H019/T. Susilo)

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar