Pembangunan 10 venue di Palembang rampung

id venu olah raga,glangang olah raga,venu olahraga,berita palembang,berita sumsel,asian games

Pembangunan 10 venue di Palembang rampung

Arsip- Foto udara dua lapangan pemanasan arena atletik Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan . (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Palembang (Antaranews Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyatakan pembangunan sebanyak 10 dari 12 arena olahraga (venue) untuk ajang Asian Games XVIII 2018 telah rampung.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumatera Selatan Basyaruddin Akhmad usai memaparkan kesiapan "venue" Asian Games di hadapan delegasi Olympic Council of Asia (OCA) dan Inasgoc di Griya Agung, Palembang, Sabtu, mengatakan, kesepuluh "venue" tersebut yakni menembak, rowing, kayak, voli pantai, sepak bola wanita, tenis, soft tenis, triatlon, sepak takraw, dan bowling.

Ia mengatakan secara kontruksi dari 10 venue itu bisa dikatakan selesai 100 persen karena tinggal mempercantik interior saja.

"Sebelum mempercantik bagian luar kami terlebih dahulu telah melengkapi bagian dalamnya seperti penerangan dan lain sebagainya," kata Basyaruddin.

Ia melanjutkan setelah semua bagian dalam dilengkapi, pekerjaan dilanjutkan pada pembuatan jalan setapak, rumput dan penunjuk arahnya.

Untuk pengerjaan "landscape" ini nantinya juga disesuaikan dengan jenis "venue", sedangkan untuk anggaran ada yang menggunakan APBN dan APBD.

Terkait pembangunan "landscape" menggunakan APBN itu akan dilaksanakan Januari, sedangkan untuk APBD akan dikerjakan sekitar Maret dan target penyelesaian sekitar Juni 2018.

"Yang jelas `landscape` ini akan sangat memukau dan cantik," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan saat ini pengerjaan sudah tidak terlalu sulit lagi dan hanya tinggal "landscape" atau penghijauan. "Pengerjaan `landscape` akan dimulai pada bulan ini," kata dia.

Dalam pembuatan "landscape" ini pihaknya membuat konsep yang akan diterapkan di JSC yakni "green road smart city" atau kawasan hijau dan tidak ada polusi.

Pada saat pelaksanaan kendaraan yang beroperasi di JSC hanya kendaraan mobil listrik dan mobil gas.

"Kendaraan yang berbahan bakar selain gas dan listrik itu dilarang masuk," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Vice Presiden OCA Wei Jizhong mengaku kagum dengan hasil pembangunan "venue" di JSC Sumsel.

Meskipun begitu, ia mengimbau agar segera dilengkapi untuk "landscape" atau eksteriornya sehingga akan lebih indah lagi.

"Kami harap pengerjaan ini tepat waktu sebelum Asian Games mendatang," ujar dia.
(T.D019/K007)