Ogan Komering Ulu panen bawang merah

id bawang merah,berita palembang,berita sumsel,oku,ogan komering ulu,panen bawang,petani bawang merah,panen bawang merah,dinas pertanian

Ogan Komering Ulu panen bawang merah

Bawang Merah (ANTARA)

Baturaja (Antaranews Sumsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan melakukan panen raya bawang merah seluas lima hektare di Desa Merbau Kecamatan Lubuk Batang bersama kelompok petani di daerah itu.

"Panen raya ini merupakan perdana yang rencananya dilakukan Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu, Joni Saihu di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, Bupati bersama Dinas Pertanian dan sejumlah kelompok tani setempat akan melakukan panen raya bawang merah seluas lima hektare di Desa Merbau.

Bawang merah yang akan dipanen tersebut, kata Joni, merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui program Tugas Perbantuan (TP) yang diterima sebelumnya pada 2017.

"Bantuan yang diterima lagsung oleh Kelompok Tani Desa Merbau Kecamatan Lubuk Batang ini dalam bentuk bibit untuk ditanam," jelasnya.

Bibit bawang merah itu, lanjut dia, kemudian ditanami oleh kelompok tani di wilayah itu di atas lahan seluas lima hektare yang akan dipanen perdana dalam waktu dekat ini.

Menurut dia, dari lima hektare yang akan dipanen itu diprediksi menghasilkan sekitar 30 ton bawang merah atau lima ton untuk setiap hektarenya.

"Kalau dijual disesuaikan dengan harga bawang merah saat ini menghasilkan ratusan juta rupiah," kata dia.

Dia berharap, hasil panen nantinya dapat dikembangkan lagi oleh petani agar terus berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Mudah-mudahan hasil panen nanti memberikan dampak positif bagi kelompok tani di Desa Merbau ini," ujarnya.
(T.KR-EDO/B015)