Cadangan Beras Bencana Berada di Kabupaten

id beras, bantuan beras bencana alam, stok beras, bpbd, bencana alam, longsor, banjir, dinsos, cadangan beras bantuan bencana

Cadangan Beras Bencana Berada di Kabupaten

Dokumentasi - Persediaan beras di gudang Bulog Divre Sumsel-Babel. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/17)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Cadangan beras untuk korban bencana alam kabupaten dan kota di Sumatera Selatan telah siap didistribusikan bila terjadi musibah.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Iriansyah di Palembang, Rabu mengatakan, berdasarkan laporan Dinas Sosial Sumsel cadangan beras itu saat ini sudah di kabupaten dan kota.

Dalam koordinasi itu telah menyampaikan telah siap membantu dan mengevakuasi masyarakat atau korban bila terjadi bencana alam tersebut.

Dia mengatakan, masing-masing daerah mendapatkan cadangan 100 ton beras dan itu siap didistribusikan bila terjadi bencana.

Namun, lanjut dia, bila bencana skala besar maka Pemerintah Provinsi Sumsel siap membantu asal ada usulan dari daerah yang terjadi bencana.

Untuk cadangan beras yang harus disediakan di Sumsel maksimal 200 ton dan itu harus diusulkan pada Kementerian Sosial, kata dia.

Dia mengatakan, Sumsel memang rawan terjadi bencana baik longsor, banjir termasuk kebakaran.

Sementara saat musim hujan sekarang ini Sumsel rawan terhadap longsir dan banjir sehingga itu harus diwaspadai.

Ia menjelaskan pada rapat koordinasi diikuti seluruh instansi terkait seperti Dinas Sosial, Kesehatan, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.

Hasil dari rapat masing-masing menyatakan telah siap dalam penanggulangan bencana alam.

Berdasarkan pemetaan daerah rawan longsor di Sumsel di antaranya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Muaraenim, dan Empat Lawang.

Sementara rawan banjir di antaranya Kabupaten Musi Banuasin, Banyuasin dan Ogan Ilir, Sumsel.