Polda Sumsel Cegah Permainan Harga Bahan Pokok

id kapolda, kapolda sumsel, cegah permainan harga kebutuhan pokok, sembako, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara. (ANTARA Sumsel/17/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya mencegah permainan harga kebutuhan pokok saat harga sejumlah bahan pokok mulai bergerak menjelang akhir 2017.

Untuk mencegah permainan harga oleh spekulan, pihaknya berupaya melakukan pengawasan secara ketat arus barang kebutuhan pokok di wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini, kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara di Palembang, Selasa. 

Menurut dia, untuk melakukan pengawasan arus barang kebutuhan pokok, pihaknya menurunkan Satuan Tugas Pangan Polda Sumsel dan di tingkat Polres.

Satgas Pangan tersebut diperintahkan selain melakukan tindakan pencegahan kenaikan harga secara tidak wajar akibat permainan spekulan dan agen barang kebutuhan pokok, juga melakukan berbagai kegiatan yang dapat menyetabilkan harga, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mencegah permainan harga bahan pokok, pihaknya akan melakukan pengawasan tata niaganya mulai dari tingkat petani, pengumpul hingga pedagang besar.

Jika dalam proses tata niaga tersebut terjadi tindakan yang dapat mendorong terjadinya lonjakan harga bahan pokok di pasaran, pihaknya akan melakukan langkah-langkah untuk menyetabilkannya dan melakukan tindakan hukum kepada pelaku usaha yang terbukti melakukan pengendalian harga.

Melalui upaya tersebut diharapkan harga kebutuhan pokok tetap bisa terjangkau dan dapat melindungi masyarakat dari pelaku usaha yang mengambil keuntungan tidak wajar.

Selain berupaya mencegah spekulan mengendalikan harga bahan pokok pada posisi tinggi yang bisa membebani daya beli masyarakat, pihaknya juga berupaya melakukan pengawasan peredaran pangan yang tidak layak dikonsumsi seperti pengoplosan dan habis masa pakai/kedaluwarsa, ujar Kapolda. 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar