Poltekpar Palembang miliki program studi wisata olahraga

id poltekpar, program studi olahraga, sumsel tujuan wisata olahraga, poltek pariwisata, olahraga, asian games

Poltekpar Palembang miliki program studi wisata olahraga

Dokumentasi - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang (ANTARA Sumsel/Dok Poltekpar/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Politeknik Pariwisata Negeri Palembang memiliki studi wisata olahraga dan merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang membuka program tersebut.

Pembukaan prodi wisata olahraga tersebut karena daerah ini rutin menjadi tuan rumah kegiatan olahraga secara nasional dan internasional, kata Direktur Poltekpar Negeri Palembang Zulkifli Harahap saat diskusi umum di Griya Agung Palembang, Kamis.

Pembukaan program studi tersebut juga berkaitan Sumsel bersama DKI Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018, kata dia.

Selain itu Sumsel telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai tujuan wisata olahraga, katanya, program studi baru itu adalah "sport tourism" atau wisata olahraga.

Ia menjelaskan, program studi baru itu untuk mendidik mahasiswa agar lebih kreatif dalam menarik wisatawan melalui olahraga.

Apalagi dengan adanya Asian Games mendatang peserta dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di daerah itu, katanya.

Dia mengatakan, pada tahun mendatang sesuai dengan instruksi  Menteri Pariwisata Arief Yahya, Poltekpar Negeri Palembang harus menerima 500 mahasiswa baru.

Selain itu seluruh kegiatan di Palembang harus berstandar internasional dan hal itu merupakan tantangan baru, kata dia.

Poltekpar Negeri Palembang selama ini telah berpartisipasi seperti pada Festival Sriwijaya termasuk Kejuaraan internasional Triathlon. Poltekpar memiliki empat program studi, yakni divisi kamar (D3), tata hidang (D3), seni kuliner (D3) serta pengelolaan konvensi dan acara (D4) dengan jumlah mahasiswa mencapai 600 orang.