Sumsel agendakan tes event sepak bola wanita

id sepak bola wanita, test event asian games, Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumatera Selatan, Musni Wijaya, piala pertiwi

Dokumentasi - Timnas sepak bola wanita Amerika Serikat juara Piala Dunia wanita 2015 (REUTERS)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan mengagendakan tes event Asian Games cabang olahraga sepak bola wanita Piala Pertiwi di Palembang, 3-13 Desember 2017,  diikuti 14 tim dari seluruh Indonesia.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumatera Selatan Musni Wijaya di Palembang, Selasa, mengatakan tes event ini untuk memantangkan kesiapan Sumsel selaku tuan rumah Asian Games tahun 2018.

"Sebelumnya panitia besar Asian Games Inasgoc hanya mewajibkan 10 cabang olahraga saja yang tes event namun belakangan berubah lagi sehingga kami pun diminta turut menyelenggarakan," kata Musni.

Ia mengatakan untuk menggelar tes event ini, PSSI Sumsel telah melayangkan undangan ke seluruh provinsi di Indonesia sehingga sudah memastikan bahwa pesertanya terdiri dari 14 tim.

"Provinsi dari Jawa semuanya ikut, ada juga Papua, dan Sumsel sendiri akan diwakili Persimura karena pada 2014 lalu menjadi runner up Piala Pertiwi, sedangkan yang menjadi juara tidak bisa diikutsertakan karena timnya sudah bubar," kata dia.

Terkait tempat bertanding, Musni mengatakan akan menggunakan lapangan rumput di Stadion Atletik Jakabaring karena Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sedang direnovasi. Selain itu digunakan Stadion Bumi Sriwijaya sebagai back-up mengingat jumlah peserta mencapai 14 tim.

"Penggunaan beberapa stadion ini untuk uji coba kesiapan panitia juga, karena jika peserta Asian Games mencapai 14 tim maka sudah barang tentu memakai dua stadion," kata dia.

Asian Games XVIII tahun 2018 akan digelar di dua tempat yakni Jakarta dan Palembang. Khusus di Palembang, akan dipertandingkan cabang olahraga yakni sepak bola, basket, tenis/soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, panjat tebing dan boling. 

Sejauh ini Sumsel sudah telah menjalankan tes event thriathlon, tenis lapangan, voli pantai. Dalam waktu dekat akan gelar juga tes event sepak bola wanita dan menembak.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar