Konsumsi camilan itu perlu

id camilan, makan, pakar, ahli gizi, kesehatan, Leona Victoria Djajadi

Konsumsi camilan itu perlu

Ilustrasi- Cemilan sehat. (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Konsumsi camilan dinilai perlu dan penting untuk pola diet sehat asalkan dalam takaran dan waktu yang sesuai, kata pakar gizi keluarga Leona Victoria Djajadi.

"'Snacking' itu penting untuk diet sehat kita, tapi bukan asal lapar mata," kata Leona di Jakarta, Selasa.

Dia mengemukakan camilan bisa dikonsumsi dua sampai tiga kali sehari. Sementara waktu yang tepat untuk "ngemil" ialah satu jam sebelum makan dan dua jam setelah makan.

Leona juga mengingatkan agar memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Dia menganjurkan untuk mengonsumsi sayuran dan buah sebagai camilan.

"Sayuran buah yang utama, ditambah protein, makanan yang mengandung kalsium, rendah lemak, dan gula buatan," kata dia.

Dia mencontohkan makanan dan minuman dari produk susu karena mengandung kalsium yang tinggi, fosfat, rendah lemak, dan protein yang bagus untuk kesehatan gigi dari luar dan dalam.

"Susu, kacang kedelai, karena mengandung kalsium tinggi, protein nabatinya tinggi, dan sumber serat," kata Leona.

Sedangkan untuk menarik minat anak-anak, Leona menyarankan untuk memberikan camilan yang sehat namun bervariatif agar tidak bosan.

Leona menyebutkan hasil survei yang menunjukkan bahwa 79 persen orang membeli camilan hanya karena "lapar mata" melihat tampilan bentuk dan warnanya. Sementara 65 persen orang membeli makanan hanya karena mau mencoba makanan baru.

Selain itu setiap tahunnya konsumsi camilan naik 4 persen untuk wilayah Asia Pasifik.