Arus kendaraan jalinsum Bakauheni-Rajabasa tersendat

id jalur mudik, Kalianda, Lampung Selatan, Terminal Pelabuhan, Lintas Sumatera, Bakauheni, macet

Arus kendaraan jalinsum Bakauheni-Rajabasa tersendat

Ilustrasi.(Antarasumsel.com/Awi)

Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Terminal Induk Rajabasa, Kota Bandarlampung, Minggu, sejak siang hingga menjelang petang tersendat pada sejumlah titik rawan kemacetan.

Kondisi arus lalu lintas bus dan kendaraan pribadi itu mulai tersendat sejak keluar dari Terminal Pelabuhan Bakauheni karena harus antre melewati pintu parkir elektronik, mengingat kepadatan kendaraan yang melintasinya.

Selepas dari Bakauheni, arus kendaraan relatif lancar meskipun Jalinsum dipadati bus dan kendaraan pribadi serta sepeda motor.

Kemacetan terjadi pada sejumlah titik perlintasan di sejumlah tempat sepanjang Jalinsum, seperti di Kota Dalam maupun Kalianda, Lampung Selatan.

Kondisi arus kendaraan tersendat kian parah selepas Tarahan saat memasuki Lapangan Baruna di Panjang, Bandarlampung.

Pada Minggu pagi terjadi kecelakaan beruntun di Jalinsum wilayah Kabupaten Lampung Selatan, namun tidak ada korban jiwa, hanya korban luka-luka.

Menurut data PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni hingga Minggu ini, sudah 80 persen penumpang pejalan kaki yang kembali ke Pulau Jawa, dan 69 penumpang dalam kendaraan atau 69 total penumpang arus mudik Lebaran 2017 telah kembali setelah lebaran.

Sedangkan untuk kendaraan yang kembali telah mencapai 72 persen untuk roda empat dan 82 persen untuk roda dua.

Puncak arus balik dari Bakauheni ke Merak, Banten, terjadi pada Sabtu (1/7) hingga Minggu (2/7) pagi, yaitu, 146.583 orang. Sedangkan hingga Minggu pagi diseberangkan sebanyak 76.759 orang penumpang kapal ke Merak, Banten.

Kendaraan yang sudah kembali mencapai 82 persen, sedangkan penumpang mencapai sekitar 70 persen telah kembali usai berlebaran.

Pada Minggu malam, arus kendaraan dan penumpang masuk dan keluar Bakauheni mulai lengang dibandingkan hari-hari sebelumnya, mengingat pada Senin (3/7) besok mulai masuk kerja setelah libur cuti Lebaran 2017.