Jamkrida Sumatera Selatan jamin pembiayaan KUR

id kur, penjamin kredit, Perusahaan penjamin kredit, pembiayaan Kredit Usaha Rakyat

Jamkrida Sumatera Selatan jamin pembiayaan KUR

Sosialisasi yang diikuti puluhan pelaku usaha kecil dan menengah ini memberikan gambarapn yang lebih jelas tentang mekanisme KUR dan implementasinya.(ANTARA FOTO/Feny Selly/16/Indra)

Palembang (ANTAR Sumsel) - Perusahaan penjamin kredit milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan PT Jamkrida Sumsel menjamin pembiayaan Kredit Usaha Rakyat hingga Rp500 juta sesuai dengan Surat Keterangan yang dikeluarkan Kementerian Koordinator Perekonomian belum lama ini.

Direktur Utama PT Jamkrida Sumsel Dian Askin Hatta di Palembang, Rabu, mengatakan, atas dasar SK tersebut perusahaannya telah menyurati sejumlah bank yang dipercaya pemerintah sebagai penyalur KUR, seperti BNI, BTN dan Bank Mandiri.

"Saat ini PT Jamkrida menunggu respon perbankan untuk tindak lanjut berikutnya karena tujuan dilibatkannya lembaga penjamin ini agar realisasi KUR dapat sesuai target yakni Rp100-120 triliun," kata dia.

Staf Mikro BRI Kanwil Palembang Dhimas Prasetya Ramadhan mengatakan bahwa dalam penyaluran KUR, perusahaannya tidak mengharuskan nasabah memiliki agunan karena yang lebih dititikberatkan yakni usaha yang produktif.

"Jika usahanya sendiri sudah sangat produktif maka sejatinya itulah agunannya. Namun, bank tetap harus mengedepankan prinsip kehati-hatian dan peran ini dapat diambil oleh lembaga penjaminan," kata dia.

Kepala Bidang Penjaminan Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Mohammad Hasyim mengatakan pemerintah telah menambah lima perusahaan penjaminan kredit untuk mencapai target penyaluran KUR tahun ini.

Kelima perusahaan itu, meliputi PT Jamkrida Riau, PT Jamkrida Sumatera Selatan, PT Jamkrida Bangka Belitung, PT Jamkrida Jawa Tengah dan PT Jamkrindo Syariah.

"Keterlibatan lembaga penjaminan ini sebagai upaya untuk meningkatkan realisasi KUR karena tahun ini ditargetkan minimal Rp100 triliun," kata dia.

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat di Sumatera Selatan mencapai Rp1,1 triliun dengan 40.787 debitur per 26 September 2016 berdasarkan data yang dilansir Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Sementara itu, realisasi KUR secara nasional di 34 provinsi per 26 September 2016 telah tercapai 70,6 persen atau mencapai Rp70,5 triliun dari target Rp100 triliun-Rp120 triliun dengan jumlah debitur mencapai 6 juta orang.

KUR merupakan program pinjaman uang ke pelaku usaha kecil dan menengah berflapon dana Rp25 juta hingga Rp500 juta dengan bunga hanya 9 persen per tahun.