Pedansa Jawa Timur raih emas Hip-hop

id medali emas, pon XIX, pedansa hip-hop, streetdance, pekan olah raga nasional

Pedansa Jawa Timur raih emas Hip-hop

Logo dan maskot PON XIX Jawa Barat. (Ist/Dok)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pasangan pedansa Jawa Timur Enitya Rosalina/Brigita Meilinda Yenitang meraih medali emas Pekan Olahraga Nasional ke-19 nomor hip-hop setelah mengumpulkan poin tertinggi dari enam kontestan di babak final, Senin.

Pasangan Enitya/Brigita yang berlatar belakang `streetdance` ini berhasil memukau enam juri dari 13 juri untuk meraih angka tertinggi yakni poin 1, atau mengungguli pasangan tuan rumah Seffy Stevan/Aditya Bayu Firdianto asal Jawa Barat yang hanya mendapatkan poin 1 dari lima juri.

Sementara tempat ketiga diraih duet Kalimantan Timur yakni Andi Glennanda Soeharto/Al Hadid Ammash yang mendapatkan poin tertinggi dari satu juri pada pertandingan yang digelar di ballroom hotel ini.

Bagi Enitya/Brigita kemenangan ini sangat membahagiakan karena nomor hip-hop untuk kali pertama di pertandingkan pada ajang olahraga empat tahunan PON.

Keduanya yang mengusung tema tarian dua perempuan yang bekerja sebagai mekanik bengkel mobil ini berhasil tampil prima dalam tiga kali kesempatan yakni babak penyisihan (16 pasangan menjadi 12 pasangan), babak semifinal (12 pasangan menjadi 6 pasangan), dan final untuk menentukan peringkat 1-6.

"Tentunya, kami sangat berbahagia, apalagi sudah berlatih keras dalam satu tahun terakhir. Keberhasilan ini menyempurnakan kegemaran kami dalam menari yang sudah dimulai sejak 10 tahun lalu," kata Brigita.

Penampilan Enitya/Brigita ini sejak awal telah memukau penonton karena tampil menggunakan alat peraga, kursi, tape recorder tempo dulu, dan skateboard.

Konstum mekanik bengkel dengan dipadukan dengan asesoris bandana merah membuat keduanya tetap terlihat feminim meski menyuguhkan gerakan bertempo cepat dan sedikit maskulin.

Performa baik duet Jatim ini sebenarnya pada babak semifinal sempat dikalahkan tim tuan rumah Jawa Barat, pasangan Seffy Stevan/Aditya Bayu Firdianto yang mengusung tema "Mario Bross".

Namun, pada partai final, justru penampilan Seffy/Aditya menurun terkait empat elemen penting dalam hip-hop yakni tema, kostum, gerak, dan ekspresi.

Berdasarkan hasil ini, Jawa Timur berada pada tempat kedua klasemen sementara dengan total tiga medali emas, sedangkan pemuncak masih ditempati tuan rumah Jawa Barat dengan 3 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Sementara itu, pertandingan dancesport akan berlanjut besok (20/9) dengan memperebutkan lima medali emas, yakni amateur latin, free for all tango, free for all samba, amateur standard, dan free for all slow foxtrot.