Maria Londa pecahkan rekor lompat jauh

id maria londa, atlet lompat jauh, sea games 2015, sea games singapura, atlet nasional

Maria Londa pecahkan rekor lompat jauh

Maria Londa (ANTARA FOTO)

....Puji Tuhan, saya masih diberikan kesempatan. Semoga ke depannya jauh lebih baik....
Singapura, (ANTARA Sumsel) - Maria Londa memecahkan rekor nasional dan sukses membawa pulang medali emas setelah menjadi yang terbaik pada nomor lompat jauh SEA Games 2015 di Singapura, Rabu dengan membukukan lompatan sejauh 6,70 meter.

Rekor nasional lompat jauh sebelumnya adalah 6,55 meter atas nama Maria Londa sendiri yang dicetak saat turun pada Asian Games 2014. Sedangkan rekor SEA Games hingga saat ini masih dipegang atlet Filipina, Marestella Torres dengan lompatan 6,71 meter.

"Puji Tuhan, saya masih diberikan kesempatan. Semoga ke depannya jauh lebih baik," kata Maria Londa usai menyelesaikan perlombaan.

Maria Londa merupakan salah satu andalan Indonesia untuk mengumpulkan pundi-pundi emas dari cabang olahraga atletik sehingga persiapan untuk menuju kejuaraan ini dilakukan dengan baik meski saat pelaksanaan ada sedikit kendalan terutama di lintasan.

"Biasanya saya di gravel, tapi disini sintetis. Kelembaban disini juga cukup tinggi. Tapi saya tadi tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik," kata atlet asal Bali itu.

Menurut dia, persaingan di SEA Games 2015 terbilang cukup ketat karena lawan yang dihadapi adalah persaingnya saat turun di Asian Games 2014 yaitu atlet asal Vietnam, Bui Thi Thu Thao . Pada kejuaraan ini, Bui hanya berada diposisi dua dengan lompatan 6,65 meter.

Untuk medali perunggu direbut oleh atlet asal Filipina yang juga pemegang rekor SEA Games yaitu Marestella Torres. Rekor kejuaraan dua tahunan itu dicetak pada SEA Games 2011 di Palembang.

Ditanya dipersembahkan kepada siapa medali emas yang diraih, Maria Londo mengaku akan mempersembahkan kepada sang pelatih yaitu Gede Pageh yang akan berulang tahun pada 29 Juni.

"Emas ini untuk pelatih yang sebentar lagi akan ulang tahun," kata atlet yang baru saja menyelesaikan pendidikan perguruhan tingginya itu.

Emas dari Maria Londa ini merupakan yang keempat dari cabang atletik. Sebelumnya emas dipersembahkan oleh Hendro dari jalan cepat, Triyaningsih dari 5.000 meter dan Agus Prayogo 10 ribu meter.

Prestasi Maria Londo di SEA Games 2015 ini ternyata berbuah manis. Selain memecahkan rekor nasional, lompatananya membawa dirinya terbang menuju kejuaraan di Beijing, Tiongkok, tahun ini.

"Lompatan Maria sudah sesuai dengan limit yaitu 6,70 meter. Lompatan ini masih bisa diperbaiki pada kejuaraan-kejuaraan yang lain. Namun, kami masih menunggu keputusan resmi apakah SEA Games ini sudah masuk kualifikasi," kata Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

Selain akan lolos ke kejuaraan dunia, pretasi yang diraih oleh Maria Londo ini akan membuka peluang untuk bertanding pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 melalui proses kualifikasi bukan kuota (wild card) seperti yang terjadi saat ini.