PP Muhammadiyah akan hadiri sidang isbat

id muhammadiyah, pp muhammadiyah akan hadiri sidang isbat

PP Muhammadiyah akan hadiri sidang isbat

Muhammadiyah (Antarasumsel.com/13)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Utusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah siap menghadiri Sidang Isbat atau sidang penetapan awal Ramadhan 1435 Hijriah yang akan digelar di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (27/6)

"Kita akan kirim utusan, sebab undangannya baru sampai hari ini. Namun, kita minta Kementerian Agama untuk membalas surat kita dulu, sebab dalam surat itu berisi beberapa poin yang diinginkan Muhammadiyah terkait Sidang Isbat," kata Sekretaris PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, ketika ditemui Antara di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jalan Menteng Raya, Jakarta, Kamis.

Mu'ti mengatakan, surat yang dikirimkan PP Muhammadiyah ke Kementerian Agama terkait Sidang Isbat hingga kini belum mendapat balasan, dan dalam surat itu pihaknya meminta beberapa poin untuk dikabulkan.

Ia menjelaskan, poin dalam surat itu di antaranya berisi meminta Kementerian Agama hanya mengundang ormas Islam yang mempunyai sistem penanggalan tersendiri dalam menetapkan awal Ramadhan.

Selanjutnya, kata Mu'ti, diskusi dalam Sidang Isbat hendaknya dilakukan secara tertutup tanpa adanya publikasi secara langsung oleh media, khususnya televisi.

Selain itu, lanjutnya, dalam pengumuman hasil Sidang Isbat, Kementerian Agama hendaknya menyampaikan hasil pandangan dari beberapa ormas disertai alasannya, kemudian mengambil keputusan untuk ditetapkan.

"Kita harapkan ada surat balasan dari Kementerian Agama terkait poin yang kita sampaikan mengenai Sidang Isbat, dan sekarang masih ada waktu, sehingga nantinya kita bisa kirim utusan untuk menghadiri sidang tersebut," tuturnya.

Dikatakannya, Muhammadiyah mengirimkan surat itu mengacu pada tujuan didirikannya Kementerian Agama, yakni menciptakan sistem kerukunan antarumat beragama serta mempererat "ukhuwah" dalam beragama.

Sebelumnya, berdasarkan hasil hisab wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1435 H dan dimulainya puasa Ramadhan jatuh pada Sabtu, 28 Juni 2014.

Penentuan itu didasarkan pada Maklumat PP Muhammadiyah nomor 02/MLM/I.0/E/2014, tanggal 09 Rajab 1435 H atau bertepatan dengan 8 Mei 2014.