KSAD: bangun pertahanan negara

id kasad, kepala staf tni angkatan darat, tmmd, tni manunggal membangun desa, pertahanan keamanan

KSAD: bangun pertahanan negara

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Budiman (FOTO ANTARA)

...Selama ini program TMMD telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan rakyat...
Tampaksiring, Gianyar (ANTARA Sumsel)  - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman mengharapkan program TNI Manunggal Membangun Desa dapat membangun pertahanan negara karena dinilai mewujudkan ketahanan masyarakat yang kuat dalam menghadapi ancaman gangguan keamanan.
        
"Selama ini program TMMD telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan rakyat," katanya setelah upacara pembukaan TMMD Ke-92 Tahun 2014 dan Pencanangan Bulan Gotong Royong Masyarakat di Desa Manuk Kaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu.
        
Menurut dia, TMMD dipandang sebagai suatu pengabdian di samping upayanya untuk melestarikan nilai sejarah dalam kemanunggalan TNI bersama rakyat.
        
Dia menilai TMMD memiliki dua sisi, yakni keterlibatan TNI dalam pembangunan di desa dan proses pembangunan yang berlandaskan kesederhanaan, kebersamaan, dan koordinasi lintas sektor dengan sejumlah instansi dan lembaga.
        
Jenderal dengan bintang empat itu mengatakan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum di daerah menjadi sasaran fisik dalam TMMD.
        
"Pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah sehingga semakin meningkatkan roda ekonomi akibat terbukanya isolasi antardesa atau daerah terpencil," katanya.
        
Selain pembangunan fisik itu, TMMD juga menyasar pembangunan nonfisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa untuk meningkatkan kulitas hidup.
        
Pada TMMD 2014, TNI bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat dan provinsi untuk program keluarga berencana.
        
"Kami harapkan dengan program KB itu bisa mengendalikan laju pertumbuhan penduduk di Tanah Air," ujar Budiman.
        
Program TMMD secara nasional telah dibuka pada Rabu (21/5). Namun mengingat umat Hindu di Pulau Dewata merayakan Hari Galungan, maka pencanangan program tersebut diundur pada Sabtu.