Forum Komunitas Hijau di 500 kota Indonesia

id fkh, forum komunitas hijan, kementeraian pu, pekerjaan umum, linhkungan, lestraikan lingkungan, penghijauan

Forum Komunitas Hijau di 500 kota Indonesia

Ilustrasi - Penanaman pohon aksi PT Pusri peduli lingkungan. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah/Aw)

...Keberadaan FKH sekarang diperlukan sebagai upaya menciptakan sebuah kota yang berkelanjutan dalam segi lingkungan, ekonomi dan sosial budaya...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Direktorat Perkotaan Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian  Pekerjaan Umum mentargetkan sedikitnya terdapat 500 kelompok Forum Komunitas Hijau (FKH) pada 500 kota di Indonesia guna menciptakan kota yang hijau.
        
Seorang konsultan atau tim pendamping Kemenpu dalam masalah tersebut,  Bayu Wardhana kepada Antara di Jakarta, Minggu mengatakan keberadaan FKH sekarang diperlukan sebagai upaya menciptakan sebuah kota yang berkelanjutan dalam segi lingkungan, ekonomi dan sosial budaya.
         
Hal tersebut dikatakan Bayu Wardhana di sela sela kegiatan lokalatih FKH Program Pengembangan Kota Hijau.
         
Menurutnya keberadaan FKH dibutuhkan terutama sebagai persyaratan dikucurkannya dana dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) sejak dikembangkan pihak Kemenpu tahun 20012.
         
Disebutkan sejak adanya P2KH hingga tahun 2014 sudah dibentuk 107 FKH di 107 kota Indonesia yang mendukung pengembangan kota hijau, sebab sebuah kota akan disebut kota hijau jika sudah melaksanakan delapan atribut yang disyaratkan.
         
Atribut tersebut adalah "green open space" atau engeloaan ruang terbuka hijau, "green waste" yakni pengelolaan sampah secata baik, "green building" dengan pembangunan gedung perkotaan yang bernuansa hijau, "green water" pengelolaan sungai yang memperhatikan kelestarian lingkungan, "srrta green transportation" yakni menggunakan sarana angkutan yang tidak banyak memprodiksi emesi ke udara.
         
Atribut P2KH lainnya adalah "green energy" yang di sebuah kota yang aktivitas masyarakatnya selalu mengurangi pemakaian energi, baik energi minyak bumi, listrik, batu bara, atau energi lainny.
         
Kemudian pula P2KH harus memiliki "green desain" yakni merencanakan pembangunan kota yang menuju kota yang ramah lingkungan atu disebut pula sebagai kota berkelanjutan baik sisi lingkungah maupun sisi ekonomi dan sosial budaya.
        
Atribut yang tak kalah pentingnya dalam program P2Kh yang digalakkan Kemenpu tersebut adanya FKH yang membawahi beberapa kelompok masyarakat yang beraktivitas dalam pelestarian lingkungan hidup.
        
Mengingat P2KH bisa dilaksanakan jika ada FKH maka FKH harus tersedia dan aktif di sebuah kota yang dikatakan kota hijau,sebab FKH akan mempengaruhi masyarakt untuk melakukan aktivitas yang tak lepas dari delapan atribut yang dipersyaratkan dam P2KH itu.
        
Oleh sebab itu para pengurus FKH di 107  kota diundang  ke Jakarta untuk mengikuti lokalatih selama tiga hari sejak jumar 9 Mei.
         
Dijrlaskan pula bagi kota yang belum melaksanakan P2KH segeralah ikut dalam program kota hijau ini sebab targetnya harus 500 kota di tanah air nantinya agar kota hijau ini benar benar menyebar.