Film ‘Sepatu Baru’ dan ‘Another Colour TV’ masuk nominasi Festival Film Berlin

id film Sepatu Baru dan Another Colour TV, festival film berlin, sinema

Film ‘Sepatu Baru’ dan ‘Another Colour TV’ masuk nominasi Festival Film Berlin

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

(ANTARA Sumsel) - Dua film Indonesia ‘Sepatu Baru’ dan ‘Another Colour TV’, masuk dalam nominasi ajang Festival Film Berlin (Berlinale) yang berlangsung tanggal 6-16 Februari mendatang.

"Kemenparekraf memfasilitasi para sineas muda yang filmnya masuk nominasi dalam ajang Festival Film Berlin  yang digelar untuk yang ke -64, ujar Kasubdit Festival dan Eksibisi Film, Direktur Pengembangan Industri Perfilman Kemenparekraf Molly Prabawaty kepada Antara London, Rabu.

Molly Prabawaty mengatakan selain menfasilitasi kedua film yang masuk nominasi yaitu Sepatu Baru dan Another Colour TV, Kemenparekraf juga memfasilitasi para sineas muda yang mendapat undangan mengikuti kegiatan Berlin Talents.

Selain itu KBRI Berlin juga akan mengadakan diskusi film dan nonton bareng film Sang Kyai pada tanggal 8 February mendatang  di aula KBRI, ujarnya.

Molly juga menjelaskan keikutsertaan Indonesia pada kegiatan European Film Market (EFM) - Berlin International Film Festival yang menjadi wadah bagi kalangan industri perfilman dunia, melakukan aktifitas perluasan jaringan, penguatan posisi negoisasi dan kerja sama industri dalam skala internasional.

Dikatakannya EFM terdapat sekitar 400 stand yang dihadiri 8.000 kalangan film yang terdiri dari distributor, produser, lembaga dana dan agen penjualan maupun pelayanan jasa produksi dari 95 negara yang melakukan kegiatan promosi dan distribusi serta transaksi ekonomi.

Berlin International Film Festival - Berlinale merupakan ajang festival film yang diperhitungkan dan menjadi barometer industri film di dunia yang diliput oleh sekitar 3.700 wartawan media setiap tahunnya dan dihadiri sekitar 20.000 kalangan profesional industri film dari 124 negara.

Diselenggarakan setiap tahun di bulan Februari sejak tahun 1950. Berlinale merupakan salah satu contoh keberhasilan paduan yang terintegrasi antara seni dengan kekuatan media dan juga pertumbuhan industri secara komersil, ujarnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berpartisipasi pada kegiatan EFM untuk ke-2 kalinya setelah tahun 2012, dengan mengirim delegasi diantaranya pengamat Film, Andi Umi Pratiwi , Produser Film, PPFI  Gobind Tejoomal Samtani dan Produser Film, PPFI, Harry Pryomitro Simon.

Selain itu aktor Roy Marten dan Adinia Wirasti, Artis Film Laura & Marsha, Pemenang FFI 2013, Sutradara Film dan artis Sepatu Baru,  Adityahmad Mahmuddin dan Andi Nurul Isfira Sri Febiana Ikhwan serta Sutradara Film Another Colour TV, Dzulfikri Muhammad Yovista.

Editor: Awi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar