Festival Paskah Beethoven dibuka di Warsawa

id Festival Paskah Ludwig van Beethoven

Warsawa (ANTARA/Xinhua) - Festival musik klasik yang diselenggarakan untuk memperingati komponis besar Ludwig van Beethoven dibuka di Warsawa pada Minggu dengan tema "Beethoven: Keagungan dan Kegairahan".

Festival yang biasa disebut Festival Paskah Beethoven ini merupakan tahun ke 17 dan akan berlangsung sampai 29 Maret mendatang.

Direktur jenderal festival, Alzbieta Penderecka mengatakan kepada Xinhua bahwa penyelenggara akan mengundang musisi China untuk mengikuti festival tersebut pada kesempatan lain, sementara untuk tahun ini sebanyak 30 musisi dari berbagai negara akan terlibat tetapi tidak ada musisi China.

Festival Paskah Ludwig van Beethoven telah diselenggarakan sejak 1997, pada saat itu untuk memperingati 170 tahun kematian musisi besar tersebut kemudian diselenggarakan secara rutin setiap tahun sebagai salah satu ajang musik klasik bergengsi di Polandia.

Pergelaran festival bukan hanya menampilkan karya-karya Beethoven melainkan juga menampilkan karya komponis besar lainnya seperti Chopin, Schumann, Liszt dan lainnya.

Festival itu berlangsung di Istana Kerajaan dan Balai Konser Philharmonic, dan dinamakan Festival Paskah Beethoven karena selalu dibuka pada "pekan suci" Paskah.

Simphoni no 9 adalah salah satu komposisi gubahan Beethoven yang banyak dimainkan dalam pertunjukan musik klasik.

Penerjemah: M. Dian A