Makna sewindu tsunami bagi korban

id tsunami, gelombang, sewindu tsunami aceh 26 desember

Makna sewindu tsunami bagi korban

Mahasiswa Jepang menanam bunga kertas bertulisan pesan-pesan masyarakat dunia untuk Tsunami Aceh, di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh (FOTO ANTARA)

Tak terasa perjalanan waktu makin cepat. Tsunami yang menerjang pesisir Aceh kini tepat berusia delapan tahun atau sewindu.  

Tepatnya Minggu sekitar pukul 08.15 WIB, 26 Desember 2004, gempa kuat menguncang Aceh yang ikut dirasakan sejumlah daerah dan negara terdekat.

Kalimat "Indonesia menangis" pun mulai kerap terdengar setelah orang-orang menyaksikan tayangan televisi tentang dahsyatnya kehancuran Aceh yang diterjang tsunami.

Ratusan ribu jiwa, laki-laki dan perempuan, tua dan muda, kaya serta miskin turut menjadi korban bencana alam yang sebelumnya tidak dikenal di kalangan masyarakat Aceh khususnya.

Tsunami atau gelombang besar dengan ketinggian air laut bervariasi antara lima hingga dua meter menerjang Kota Banda Aceh, sebagian Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat dan Pidie serta Aceh Utara.

Jangkauan air laut merambah daratan antara tiga hingga lima kilometer dari pesisir pantai di sebagian wilayah di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Puing-puing kehancuran bangunan di mana-mana, mayat-mayat berserakan dan rintihan anak manusia yang masih bernafas namun tak sanggup menahan rasa sakit juga menjadi pemandangan hari-hari berselang tidak lama tsunami itu terjadi.

Bala bantuan pun datang, tidak mengenal warna kulit, suku, bahasa dan agama, semuanya satu tujuan yakni membantu masyarakat Aceh.

Bangsa-bangsa dari berbagai belahan bumi itu datang membawa pakaian, pangan dan sandang serta obat-obatan. Rumah sakit lapangan berdiri hampir setiap penjuru meski keadaan darurat.

Bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang yang biasanya hanya melayani tiga penerbangan dari dan ke Banda Aceh, namun pascabeberapa hari tsunami tercatat puluhan pesawat antre mendarat di bandara itu.

Barak darurat dan tenda-tenda pengungsi juga mulai dibangun dan tersebar ratusan titik untuk menampung keluarga dari korban bencana tsunami Aceh.

Masa rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh pascatsunami berjalan membangun kembali berbagai infrastruktur, khususnya rumah yang menjadi tempat tinggal bagi keluarga yang selamat dari bencana itu.

Jalan-jalan utama beraspal hotmix bertaraf internasional dan tidak ada ruas jalan desa yang tidak beraspal di kampung-kampung eks tsunami.

          Sewindu tsunami
Kini sewindu sudah tsunami meluluhlantakkan Aceh. Rumah penduduk, infrastruktur publik sudah dibangun, bahkan lebih baik dibanding sebelum bencana.

"Rumah memang sudah ada, sarana dan prasarana publik di gampong (desa) lebih baik dibanding sebelum tsunami, tapi kami berharap agar generasi mendatang tidak melupakan tragedi yang pernah kami alami itu," kata Wahidi, salah seorang korban tsunami.

Artinya, ia menjelaskan semuanya itu bukan bertujuan membangkitkan kembali luka akibat tsunami, tapi paling tidak diketahui generasi muda kedepan sebagai media pengingat agar tetap waspada terhadap bencana.

"Sebagai umat Muslim tentunya kami berharap setiap tahun diadakan kenduri sekaligus doa bersama agar para syuhada tsunami mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT, dan kita dihindari jangan sampai merasakan bencana itu lagi," kata dia menambahkan.

M Iqbal, korban lainnya, juga berharap pemerintah memasukkan cerita tentang tsunami Aceh menjadi salah satu pelajaran kearifan lokal di sekolah-sekolah di provinsi ini.

Selain itu, juga perlu dipikirkan pembangunan sebuah kawasan untuk ditempati benda-benda atau puing-puing peninggalan tsunami.

"Artinya, bisa aja dibangun seperti 'desa tsunami' sebagai pengingat kepada generasi muda bahwa daerahnya pernah dilanda bencana alam itu, selain juga bisa dijadikan sebagai aset wisata di Aceh," kata dia.

Sebab, M Iqbal mengatakan masyarakat pesisir pantai melakukan kegiatan tersendiri untuk mengenang setiap tahun bencana tsunami, misalnya tahlilan, zikir dan doa di masjid atau meunasah desa masing-masing.

Bagi masyarakat nelayan, mengenang peristiwa tsunami setiap 26 Desember itu dengan tidak melakukan aktivitas mencari nafkah selama sehari.

"Sudah menjadi keharusan agar dipatuhi oleh nelayan Aceh untuk tidak melaut sehari pada setiap 26 Desember termasuk tahun ini," kata Ketua Lembaga Hukom Adat Laot atau Panglima Laot Aceh T Bustamam.

Pantang melaut sehari khususnya pada setiap 26 Desember itu untuk mengenang keluarga dan sahabat nelayan yang telah menjadi korban bencana tsunami.

"Mari kita gunakan waktu pada hari itu untuk berzikir dan berdoa kepada Allah SWT agar arwah para syuhada tsunami mendapat tempat layak di sisi-Nya dan kita yang masih hidup dihindarkan dari musibah," kata dia.

Tsunami 26 Desember 2004 merupakan bencana dahsyat dialami masyarakat Aceh terutama penduduk di pesisir pantai di delapan kabupaten/kota dan mengakibatkan sekitar 200.000 warga hilang dan meninggal dunia.

"Sebagian besar dari syuhada tsunami itu menjadi korban karena dinyakini minimnya pengetahuan mereka terhadap bencana tersebut," kata Sekjen Lembaga Hukum Adat Laot atau Panglima Laot Aceh Umar Abdul Aziz.

Dia menjelaskan, kebijakan libur pada 26 Desember juga sudah diterapkan oleh Pemerintah Aceh pada 2011 dengan menetapkan tanggal itu sebagai hari libur daerah.

"Kita berharap kebijakan yang bernilai edukatif ini dapat dipertahankan. Melalui peringatan tsunami kita tidak hanya berkesempatan mendoakan orang-orang yang menjadi korban, tapi juga dapat mewariskan pengetahuan kepada generasi muda tentang peristiwa itu," kata dia.

Selain itu libur daerah pada setia 26 Desember sekaligus menghidupkan kearifan generasi selanjutnya lebih siap dan mengetahui tindakan apa saja perlu dilakukan agar terhidar dari dampak bencana yang mungkin timbul.

Mengenang tsunami setiap 26 Desember itu bukan berarti membangkitkan kembali luka lama, tapi sebagai pembelajaran agar generasi Aceh mendatang mengetahui jika di daerahnya pernah hancur akibat bencana tersebut.
(A042/A023)