PSSI sambut baik Tibo ke klub asing

id pssi, titus bonai, tibo bergabung klub asing

PSSI sambut baik Tibo ke klub asing

Titus Bonai (Tibo). (FOTO ANTARA)

Jakarta  (ANTARA Sumsel) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik rencana bergabungnya salah satu pemain andalan Indonesia, Titus Bonai (Tibo), ke klub asing peserta Thai Premier League, BEC Tero Sasana, Thailand.

"Jelas. Saya sangat bangga dengan apa yang dilakukan Tibo," kata Penanggungjawab Timnas Bernhard Limbong di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Jumat.

Menurut dia, dengan bergabungnya pemain asal Papua itu dengan tim asal Thailand diharapkan bisa membuka kesempatan bagi pemain lain untuk ikut berkiprah di kompetisi negara asing.

Selain itu, kata dia, jika banyak pemain Indonesia yang merumput di negara lain maka akan mempermudah dalam membentuk timnas. Karena pemain yang dikontrak tim asing jelas memiliki kemampuan diatas rata-rata.

"Semakin banyak pemain kita bermain di luar negeri maka cuma butuh latihan satu hari untuk membentuk Timnas, karena pemainnya bintang semua," kata Jendral bintang satu itu.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI mengaku dengan banyaknya pemain Indonesia bergabung dengan tim asing diharapkan bisa membentuk karakter dan mengasah keterampilannya sehingga bisa menjadi aset bagi timnas.

Limbong menegaskan jika Tibo benar-benar dikontrak oleh tim asal Thailand, pihaknya dalam hal ini PSSI akan memberikan bantuan sepenuhnya terutama dalam hal mengurus kepindahannya ke luar negeri yang diantaranya masalah International Transfer Certificate (ITC).

"Setiap pemain yang pindah ke luar negeri harus berurusan dengan federasi. Makanya kami akan bantu. Kami berharap tidak ada pihak yang mempersulit termasuk Persipura," kata Limbong.

Selain Tibo, informasi yang berkembang saat ini ada lagi satu pemain Indonesia yang dincar klub asing asal Jepang. Pemain itu adalah Ahmad Bustomi. Pemain asal Malang ini sebelumnya memperkuat klub Mitra Kukar anggota kompetisi Indonesia Super League (ISL).   

Jika benar-benar kontrak itu terjadi maka kedua pemain itu akan menjadi tonggak kebangkitan persepakbolaan nasional karena dalam beberapa tahun terakhir tidak ada pemain Indonesia yang dikontrak tim asing.

Beberapa pemain yang pernah dikontak tim asing adalah Bambang Pamungkas, Elie Aiboy serta salah satu legenda sepak bola Indonesia yaitu Ricky Yacobi. (ANT)