Pekanbaru, (ANTARA) - Seorang nelayan bernama Hariono alias Undul (34) ditemukan tewas akibat serangan buaya saat mencari ikan di Sungai Rokan, Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa pagi.

Menurut laporan kepolisian, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 00.10 WIB saat korban berangkat menuju sungai bersama adiknya, Amat Nasib, untuk mencari ikan. Korban kemudian bergabung dengan beberapa nelayan lain, termasuk Dedi Kurniawan (39), di sungai tersebut.

"Saat itu, saksi Dedi Kurniawan dan beberapa nelayan lainnya melihat korban tidak ada lagi di sampan miliknya sekitar pukul 05.00 WIB," kata Kepala Kepolisian Resor Rohil AKBP Isa Imam Syahroni.

Saksi yang menyadari korban tidak terlihat langsung menghubungi sang adik, Aman Nasib dan menduga korban telah diserang buaya. Sekitar pukul 06.00 WIB, Dedi dan beberapa nelayan lainnya menyaksikan korban sedang ditarik oleh seekor buaya ke tengah sungai.
Meski buaya tersebut akhirnya melepaskan korban, upaya penyelamatan sudah terlambat. "Saksi mencoba menarik korban ke atas sampan, tetapi nyawa korban tidak bisa diselamatkan," terang Isa.

Akibat diserang satwa buas tersebut, korban mengalami luka gigitan pada tangan, perut, dan kaki, serta cakaran di wajah. Dikatakan AKBP Isa, pihaknya sudah mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan saksi.

Usai dievakuasi di Tangkahan Jembatan Jumrah, korban dibawa ke rumah duka menggunakan ambulans.

Peristiwa serupa bukan baru kali ini terjadi. Dalam beberapa waktu terakhir, tercatat tiga konflik manusia dan buaya terjadi di Kabupaten Rokan Hilir.

"Kami mengimbau warga untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas di sekitar perairan yang rawan buaya, terutama pada waktu malam dan dini hari," tukas AKBP Isa.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seorang nelayan di Rokan Hilir Riau meninggal dunia diterkam buaya

Pewarta : Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024