Baturaja (ANTARA) - Kodim 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, membersihkan sampah di Sungai Ogan untuk mencegah bencana banjir saat musim hujan.

Komandan Kodim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine di Baturaja, Minggu, mengatakan bahwa giat karya bakti tersebut melibatkan puluhan personel TNI dan Polri serta masyarakat sebagai bentuk solidaritas dan semangat gotong royong untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Proses pembersihan dilakukan di pinggir Sungai Ogan sepanjang 1,5 kilometer menggunakan alat seadanya," kata dia.
 

Dalam kegiatan tersebut pihaknya membersihkan sampah rumah tangga, plastik, batang kayu, dan bambu yang tersangkut di Sungai Ogan.

Hal itu dilakukan agar aliran Sungai Ogan bersih dari sampah sekaligus mencegah bencana banjir yang rentan terjadi saat musim hujan.


"Giat gotong royong ini perlu dilakukan karena saat ini sudah memasuki musim hujan. Apalagi, Kabupaten OKU merupakan daerah rawan banjir yang disebabkan luapan Sungai Ogan," katanya.

Penjabat Bupati OKU M Iqbal Alisyahbana yang juga hadir dalam giat tersebut menekankan pentingnya menjaga kebersihan Sungai Ogan mengingat air dari sungai ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk sebagai sumber air minum bagi masyarakat setempat.

Oleh karena itu, ia mengimbau seluruh masyarakat agar terus berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama di sekitar Sungai Ogan.
 

"Kegiatan pembersihan Sungai Ogan ini diharapkan menjadi gerakan berkelanjutan demi keberlangsungan lingkungan hidup yang sehat sekaligus mencegah bencana banjir di Kabupaten OKU," ujarnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kodim OKU bersihkan sampah di Sungai Ogan cegah banjir

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024