Palembang (ANTARA) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyosialisasikan budaya cinta lingkungan dalam keluarga.

Ketua DWP Sumsel Desy Kasnayati Edward di Palembang, Jumat, mengatakan lingkungan merupakan tempat penting bagi makhluk hidup termasuk manusia. Sebagai makhluk hidup, manusia berhak memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya agar keseimbangan dapat terwujud.

"Sebagai agen perubahan, perempuan memiliki peranan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini sejalan dengan peranannya sebagai seorang ibu, yang memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya berada di lingkungan yang aman dan nyaman,” katanya.

Ia mengatakan beberapa hal kecil yang dapat dilakukan seorang ibu dalam rumah tangga dalam menangani masalah lingkungan seperti mengurangi produksi sampah rumah tangga dengan cara membuat kompos atau menerapkan sistem 3R (recycle, reduce, dan reuse).

"Bank sampah dapat menjadi wadah atau solusi bagi rumah tangga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup guna terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat,” kata Desy.

Sementara itu, Yuni Zaki selaku ketua pelaksana mengatakan kegiatan sosialisasi budaya cinta lingkungan dalam keluarga ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

"Lingkungan yang bersih dan asri tentu akan membuat kita hidup aman, nyaman dan tentram,” kata dia.

Pewarta : Ahmad Rafli Baiduri
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024