Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menggelar lomba Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tahun 2024 guna meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mengolah produk makanan lokal.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Selasa, mengatakan bahwa lomba B2SA ini digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait prinsip dalam olahan pangan lokal.

Hal itu juga ditujukan untuk mendorong kreativitas dan inovasi pangan lokal yang bernilai komersial serta untuk memotivasi masyarakat agar mau mengonsumsi pangan B2SA.

"Lomba B2SA ini bukan hanya semata-mata perlombaan memasak saja, namun juga sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya mengonsumsi pangan yang sehat, bergizi dan seimbang," katanya.
Menurut dia, terlaksananya lomba B2SA ini membuktikan ketersediaan pangan di OKU Timur sangat melimpah dan beragam.

Oleh sebab itu, ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur Muhammad Yani dalam laporannya menyampaikan bahwa lomba B2SA digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 tahun 2024.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kader TP PKK kecamatan se-Kabupaten OKU Timur dengan kategori lomba antara lain menu makan siang, dan produk olahan pangan lokal atau kudapan.

"Dalam rangka HUT HKG PKK tahun ini juga diisi dengan kegiatan penyerahan bantuan merdeka pangan di hatinya perempuan, khitanan massal, pelayanan KB hingga donor darah," ujarnya.

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024