Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan memamerkan kain gambo khas kabupaten setempat di APKASI Otonomi Expo 2024, Jakarta Convention Center pada 10-12 Juli 2024.

"Kami berpartisipasi meramaikan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dengan memamerkan salah satu produk unggulan yakni kain gambo," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah, di Palembang sebelum berangkat ke Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, kain gambo adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma.

Selain produk kerajinan Gambo Muba, dalam APKASI Otonomi Expo 2024 ini, pihaknya juga memamerkan produk unggulan dari komoditas perkebunan, pertambangan, dan termasuk produk dari UMKM.

"Alhamdulillah tahun ini Kabupaten Muba lebih banyak memamerkan produk di APKASI Otonomi Expo dan diharapkan gerai kabupaten ini dapat menjadi stan favorit," ujar Kadisperindag Azizah.

Sementara Pj Ketua TP PKK Muba Triana Minarni Sandi Fahlepi menjelaskan bahwa pihaknya mendorong masyarakat dan pelaku UMKM berkreasi membuat aneka produk unggulan dan didukung pemasarannya seperti melalui kegiatan APKASI Otonomi Expo.

Dalam kegiatan tersebut Pemkab Muba tampil dengan menyuguhkan berbagai produk unggulan di antaranya kerajinan kain gambo.

Kain gambo saat ini telah menjadi identitas Kabupaten Muba. Tentunya dengan mengikuti APKASI Otonomi Expo potensi daerah itu dapat lebih dikenal masyarakat.

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi tersendiri bagi pengerajin maupun masyarakat, untuk lebih mengeksplor potensi sumberdaya alam dan produk unggulan di Kabupaten Musi Banyuasin," harap Triana.

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024