Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) mengeruk drainase di perkampungan warga untuk mencegah banjir.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Darmenta di Palembang, Minggu, mengatakan bahwa Pemkot Palembang mengeruk drainase atau saluran air guna mencegah banjir dan dilakukan pada program gotong royong bersama warga.



"Dari pertama saya menjabat, program Jumat gotong royong kami lakukan untuk menangani semua permasalahan di Kota Palembang, seperti banjir, sampah sembarangan dan estetika kota," katanya.

Menurutnya, dalam melakukan pengerukan tersebut, mulai dari kanal - kanal kecil di perkampungan hingga pinggir dan aliran sungai Musi, semua dilakukan pembersihan secara gotong royong.

Ia menambahkan saat pertama kali kunjungan kerja di Kecamatan Gandus, 21Juni 2024, membuat program lebih dekat dengan warga melalui shalat berjamaah.

"Pertama kali saya melaksanakan shalat berjamaah dengan warga Kecamatan Gandus, Kota Palembang untuk lebih dekat dengan warga dan bisa meninjau secara langsung wajah Kota Palembang," kata Ucok Abdulrauf.

Ia menambahkan kegiatan tersebut akan menjadi program untuk lebih dekat dengan warga Kota Palembang dan terus dilaksanakan dengan keliling kota, paling tidak seminggu sekali bersamaan dengan shalat Jumat berjamaah.



"Melalui program ini kami bisa mendengarkan secara langsung keluhan - keluhan warga selain bersilaturahim bersama warga," ucapnya.

Ia juga mengajak warga untuk memakmurkan masjid dan mushala, juga menyantuni anak yatim, karena sudah menjadi kewajiban bersama dan bisa berdampak pada Kota Palembang yang lebih baik serta harmonis apabila warga meningkatkan kerukunan.

Pewarta : M. Imam Pramana
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024