Palembang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak masyarakat di wilayah itu untuk meningkatkan kepedulian kepada para lanjut usia (lansia).

Hal itu disampaikan Agus Fatoni saat menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2024 bertema "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat" di Palembang, Rabu.

"Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian, penghormatan, dan wujud cinta kepada orang tua dan lansia. Saya juga sangat mengapresiasi penampilan rebana dari para lansia yang luar biasa," katanya.

Ia mengatakan lansia dengan umur 65 tahun di Sumsel diperkirakan akan mengalami penambahan sekitar 13 persen, sehingga perlu diambil kebijakan dan langkah-langkah untuk bisa memperhatikan dan memuliakan lansia.



"Sebagai bentuk kepedulian, kita bisa mempersiapkan sarana prasarana kesehatan atau dalam bentuk aktivitas lain agar lansia lebih produktif, bahagia, dan ceria," ujarnya.

Menurut dia, apabila mengunjungi panti jompo atau mengunjungi rumah orang tua akan menyadarkan diri bahwa seseorang akan sampai pada posisi tersebut suatu saat nanti. Dengan demikian, hal tersebut akan mendorong kepedulian kepada para lansia.

"Lansia dan orang tua memiliki banyak jasa di kehidupan kita dan anak-anak serta bangsa dan negara. Contohnya hari ini kita memberikan penghargaan perkawinan emas kepada lansia yang sebelumnya pernah menjabat sebagai sekda dan wali kota," ujarnya.



Fatoni mengatakan banyak jasa lain yang dilakukan lansia untuk keluarga dan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat dan positif. Dia juga mengajak masyarakat melakukan berbagai kegiatan yang produktif sesuai kondisi usia masing-masing.

"Ayo jaga kesehatan, salurkan hobi sesuai kemampuan dan usia kita masing-masing. Kita harus tetap membina dan melakukan aktivitas sosial. Namun, kita juga bisa membuka ruang sesuai tupoksi masing-masing dengan menyiapkan sarana prasarana agar bisa memperlakukan lansia dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sumsel Mirwansyah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepedulian dan penghargaan kepada lansia, mensosialisasikan nilai-nilai sosial ke masyarakat dan pentingnya berbangsa bernegara, meningkatkan kesejahteraan lansia, dan meningkatkan kerjasama lintas sektor.



"Kegiatan ini diikuti sekitar 150 lansia yang berasal dari berbagai komunitas lansia. Selain itu, juga dilakukan pemberian penghargaan pernikahan emas untuk pasangan lansia yang menjadi teladan, serta pemberian bantuan alat bantu kursi roda, tongkat kaki, dan kebutuhan dasar untuk lansia," kata dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pj Gubernur Sumsel ajak masyarakat tingkatkan kepedulian kepada lansia

Pewarta : Ahmad Rafli Baiduri
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024