Baturaja (ANTARA) - PT Semen Baturaja (SMBR) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menggelar aksi donor darah massal dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024.

Vice President of Corporate Secretary SMBR Basthony Santri di Baturaja Kabupaten OKU Rabu menjelaskan, aksi donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional yang digelar setiap tahun oleh perusahaan plat merah tersebut.

Dalam kegiatan sosial tersebut pihaknya menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) yang diikuti oleh ratusan karyawan SMBR di tiga wilayah kerja meliputi Palembang, Baturaja, dan Panjang.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di tiga lokasi site SMBR tersebut," katanya.

Dari hasil aksi donor darah tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 123 kantong darah berbagai golongan untuk disumbangkan ke PMI guna memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.
"Totalnya ada 123 kantong darah yang terkumpul terdiri atas 52 kantong darah dari Baturaja, 40 kantong di Palembang, dan 31 kantong darah dari Panjang," katanya.

Sementara, Senior Manager of Health, Safety & Environment SMBR Meriadi menambahkan, aksi donor darah tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kebutuhan stok darah di PMI setempat.

Menurut dia, donor darah selain membantu sesama manusia yang membutuhkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan bagi pendonor itu sendiri, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dan lain sebagainya.

"Kegiatan sosial ini rutin kami lakukan sehingga SMBR tahun ini mendapat penghargaan dari PMI Kota Palembang sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi perusahaan dalam kegiatan sosial donor darah untuk kepentingan kemanusiaan," katanya.

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024