Martapura (ANTARA) - Tim Basarnas Sumatra Selatan menemukan jasad seorang remaja bernama Wawan Setiawan (17) warga Dusun Bangun Jaya, Desa Bantan Pelita, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, yang tenggelam di Sungai Komering sejak Jumat (1/9) pukul 17.00 WIB.

Kepala Basarnas Sumatra Selatan (Sumsel) Hery Marantika, di Martapura, Minggu, mengatakan, setelah hari kedua dilakukan pencarian akhirnya korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Jasad korban ditemukan berjarak sekitar 1,6 kilometer dari titik awal tenggelam di perairan Sungai Komering pada  pukul 09.00 WIB.

Dalam upaya pencarian, pihaknya melibatkan Tim Rescue Basarnas Sumsel, termasuk unsur TNI/Polri, pemerintah daerah setempat, dan dibantu warga sekitar.


Tim pencarian yang diterjunkan itu terbagi menjadi beberapa unit SAR dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing.

Metode pencarian mencakup penyisiran permukaan sungai dengan menggunakan perahu karet, penggunaan peralatan Aqua Eye untuk mendeteksi keberadaan korban.

Selain itu pihaknya pun menerapkan metode ombak buatan dengan menggunakan perahu karet di titik-titik yang dicurigai sebagai lokasi korban tenggelam.

"Pasca-korban tenggelam pencarian dilakukan selama 1x24 jam, termasuk pada malam hari," jelasnya.

Saat ini jasad korban sudah dibawa ke rumah duka di Dusun Bangun Jaya, Desa Bantan Pelita, untuk dimakamkan oleh pihak keluarga.

Dalam kesempatan tersebut, ia kembali mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas di sungai supaya peristiwa tersebut tidak terulang lagi.

"Apalagi saat ini arus sungai cukup deras sehingga warga harus lebih waspada dan berhati-hati," ujarnya.


Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024